Angstrom Exponent Dan AE Pada Pestisida Semprot


Angstrom Exponent ( Æ atau α ) adalah nilai eksponen atau bilangan pangkat dalam sebuah rumus untuk menentukan kepadatan optik aerosol dalam udara, baik itu aerosol padat, cair maupun gas. Dalam aplikasi sehari-hari biasanya ditulis dengan huruf AE misalnya seperti yang tertulis dalam botol obat nyamuk semprot yang menggunakan tekanan.

Angstrom Exponent itu sendiri adalah salah satu parameter untuk mengetahui karakter sebuah partikel aerosol selain dengan Aerosol Optical Depth ( AOD ) dimana nilai rata-rata normal AOD adalah 0.18 ( ±0.14 ) dan nilai rata-rata normal Æ adalah 1.05 ( ±0.43 ).

AOD dihitung dengan mengukur kepadatan partikel aerosol secara optik terhadap panjang gelombang cahaya tertentu. Dari perhitungan ini didapatkan nilai Æ yang merupakan indikator ukuran partikel aerosol.

Nilai Æ sendiri dibaca sebagai sebuah skala yang biasanya antara 0 hingga 2. Dalam beberapa kasus bila ukuran aerosol dalam udara cukup besar maka bisa menyentuh angka negatif. Semakin kecil nilai Æ, maka partikel aerosol semakin besar.

Bagaimana cara baca indikator AE pada kaleng pestisida semprot, seperti misalnya obat nyamuk ?

Seperti yang kita ketahui di atas bahwa nilai rata-rata Æ normal adalah ±0.43. Dalam artian ukuran normal rata-rata udara (beserta berbagai partikel aerosol di dalamnya) adalah 0.43 AE. Sementara, misalnya, dalam kaleng obat nyamuk yang kita miliki tertulis 0.35 AE. Ini artinya partikel aerosol pestisida dalam udara, setelah kita semprotkan, memiliki ukuran lebih besar daripada ukuran partikel aerosol udara normal.

Dengan memiliki ukuran partikel yang lebih besar maka kemungkinan partikel pestisida untuk terhirup ketika kita menggunakan pelindung, seperti misalnya masker, lebih kecil sehingga, setidaknya, sedikit lebih aman. Meskipun demikian disarankan untuk meninggalkan ruangan setelah disemprot dengan obat nyamuk untuk keamanan maksimal terhadap kesehatan.

Ukuran partikel ini juga menentukan kecepatan reaksi dari pestisida tersebut, dengan ukuran partikel yang lebih besar dari partikel udara normal, biasanya butuh waktu untuk bisa terhirup oleh sistem respirasi serangga. Pestisida semprot dengan nilai AE lebih kecil biasanya memiliki reaksi lebih lambat.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Kesehatan pada tanggal Jun 10, 2017
Tags : ,


www.000webhost.com