Apa Tujuan Anda Mempraktekkan SEO ?


Mengapa blogger dan webmaster atau pemilik website ingin lakukan atau mempraktekkan SEO pada website atau blog mereka ? Terkadang tanpa pertanyaan ini, beberapa orang akan secara tidak langsung mengungkapkan tujuan mereka menjalankan SEO. Di sini saya akan membahas tujuan SEO dan sedikit tips untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam media sosial atau forum-forum yang membahas mengenai SEO, sering kita temui kalimat berikut :

Biasanya pertanyaan di atas sering kali muncul pada mereka yang baru saja membuat blog, baru saja membuat website, atau sedang belajar mengenai SEO. Dari poin-poin di atas, poin kedua hingga keempat adalah tujuan kita menjalankan SEO. Akan tetapi poin keempat adalah pertanyaan yang paling tepat mengenai SEO.

Bila tujuan kita hanya supaya website atau blog kita muncul di halaman pertama atau di posisi paling atas hasil pencarian Google untuk query tertentu, maka biasanya seseorang hanya akan menjalankan SEO, berjalan dengan baik, tetapi tidak mendapatkan hasil yang maksimal sehingga masih kesulitan mendapatkan traffic dan kemudian seiring dengan berjalannya waktu halaman website atau blognya akan semakin tenggalam dan tergeser oleh mereka yang benar-benar serius menjalankan SEO.

Tujuan utama bagi seorang webmaster atau blogger menjalankan SEO adalah mendapatkan traffic atau pengunjung dari mesin pencari sehingga mereka tidak perlu bersusah payah menyebar link ke mana-mana untuk mendapatkan traffic pada websitenya, sementara hanya mejeng di posisi teratas atau halaman pertama Google saja tidak menjamin bahwa website atau blog tersebut menerima traffic lebih banyak daripada website lain yang posisinya dibawah atau bahkan di halaman berikutnya dan kita ketahui bahwa salah satu penentu ranking atau posisi halaman website kita pada mesin pencari adalah interaksi pengguna baik itu melalui CTR (Click Through Rate), bounce rate, dan berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membuka website kita sehingga suatu saat nanti website-website yang sekedar mejeng ini akan tergeser posisinya oleh website atau blog lain.

Bagaimana cara supaya website kita bisa mendapatkan traffic secara optimal melalui SEO ?

Untuk mendapatkan traffic secara optimal melalui SEO yang merupakan tujuan utama seorang blogger atau webmaster mempraktekkan SEO tentunya tidak berhenti hanya karena website atau blognya muncul di halaman pertama Google. Ada satu hal lagi yang menentukan apakah website kita tersebut akan menerima traffic atau akan tergeser posisinya oleh website lain, yaitu tampilan cuplikan website kita pada hasil pencarian yang disebut sebagai snippet.

Ketika seorang pengguna mencari topik pembahasan tertentu pada mesin pencari, tentunya dia tidak hanya sekedar mengunjungi website yang muncul paling atas. Pengguna adalah manusia yang selalu memiliki pertimbangan sebelum melakukan atau memutuskan sesuatu. Dalam hasil pencarian, sebelum mengunjungi sebuah website hal-hal berikut adalah yang menjadi bahan pertimbangan si calon pengunjung :

Dari kondisi di atas yang terpenting adalah poin kedua, sehingga dalam hal ini meta description dan isi artikel memegang peranan penting dalam mempertahankan posisi website kita pada hasil pencarian dan traffic yang diterima oleh website kita, karena bila kita tidak menggunakan meta description maka mesin pencari akan menampilkan sebagian dari isi artikel yang sesuai dengan query pencarian sebagai deskripsi yang mungkin akan muncul secara random dan bila beruntung akan sesuai dengan informasi yang dicari oleh calon pengunjung.

Karena itulah langkah berikutnya yang perlu kita lakukan setelah website atau blog kita muncul dalam hasil pencarian Google, apakah itu di halaman pertama, kedua dan seterusnya, adalah mulai memikirkan tampilan snippet kita. Untuk melakukan hal ini kita bisa hanya menambahkan meta description pada halaman website kita, pastikan meta description memiliki relevansi dengan isi artikel. Atau bila ingin tampilan snippet yang lebih fancy kita bisa menggunakan SDM (Structured Data Markup). Dengan adanya deskripsi yang menarik calon pengunjung akan lebih tertarik untuk mengunjungi website tersebut meskipun tidak berada pada posisi teratas, mungkin malah ada di halaman berikutnya, dan pengguna kemungkinan akan melewati website-website yang ada pada halaman pertama karena deskripsi konten website yang ada pada snippet dirasa tidak sesuai dengan informasi yang diinginkan.

Menulis Meta Description

Seberapa panjang maksimum saya harus menulis meta description ?
Hal ini masih menimbulkan banyak perdebatan dikalangan praktisi SEO, beberapa ada yang menyebutkan 156 karakter, 160 karakter, ada lagi yang menyebutkan boleh menulis hingga 265 karakter. Well, pada intinya tulislah deskripsi sesingkat mungkin dan sejelas mungkin mengenai apa yang kita bahas pada halaman website atau blog kita.

Dimana website description ditulis ?
Untuk deskripsi pada nippet kita bisa menggunakan meta description yang ditulis dalam <head> tag, tetapi bila kita menggunakan Structured Data Markup deskripsi bisa ditulis di mana saja tergantung tipe SDM yang kita gunakan.

Apa yang terjadi bila meta description tidak sesuai dengan isi artikel ?
Perlu diketahui bahwa mesin pencari, dalam hal ini Google, tidak membaca meta description dan isi website secara terpisah, di sini Google juga mengecek relevansi keseluruhan konten website, tidak hanya deskripsi dan artikel saja, sehingga relevansi keseluruhan isi website juga merupakan salah satu faktor penentu dalam SEO.

Kesimpulannya :
SEO tidak sekedar supaya website atau blog kita muncul di posisi teratas atau halaman pertama Google. Muncul di halaman pertama Google bahkan di posisi paling atas hasil pencarian bukan berarti anda sukses dalam SEO. Anda akan dianggap sukses dalam SEO bila website anda menerima banyak traffic atau banyak pengunjung yang datang dari mesin pencari, termasuk direct traffic yaitu pengunjung yang langsung membuka website anda tanpa melalui backlink atau link yang terpasang pada website lain (referral traffic) tidak peduli pada posisi ke berapa website anda muncul dalam hasil pencarian, biasanya website yang menerima banyak impresi dan traffic (terhitung melalui Click Through Rate) akan semakin meningkat posisinya pada hasil pencarian.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori SEO pada tanggal Apr 20, 2016
Tags : , , ,


www.000webhost.com