Aplikasi Otentikasi Taspen, Harapan Dan Kenyataan Dalam Penggunaan.


Catatan : Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, bukan sekedar dari membaca review atau dari cerita orang lain.

Beberapa waktu lalu Taspen meluncurkan sebuah aplikasi untuk otentikasi peserta Taspen dengan tujuan untuk memudahkan pendataan peserta Taspen. Tetapi dalam praktiknya aplikasi ini mengalami begitu banyak kendala dan tidak layak pakai.

Ibu saya adalah seorang pensiunan KAI, beliau sempat menderita gejala stroke karena ada sumbatan pembuluh darah di kepala dan sering mengalami hipertensi.

Ketika saya mendapatkan informasi bahwa Taspen mengeluarkan aplikasi otentikasi supaya peserta Taspen tidak perlu keluar rumah saya berpikir bahwa ibu saya akan terbantu mengurus dana pensiun dan tidak perlu bersusah payah jauh-jauh ke bank.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan aplikasi otentikasi Taspen :

  1. Pastikan peserta sudah melakukan enrollment di kantor Taspen di kota masing-masing.
  2. Bila peserta taspen mengalami kesulitan dalam mengoperasikan smartphone, harap didampingi oleh anak atau anggota keluarga yang bisa memandu peserta taspen melakukan proses otentikasi.
  3. Pada tahap kedua, peserta diminta untuk menyebut angka di layar, pastikan angka disebutkan dengan jelas seperti saat enrollment.
  4. Pada tahap ketiga skor hasil foto sidik jari minimal harus 70.

Kenyataan dalam praktek

Berikut adalah beberapa kendala yang saya alami ketika membantu ibu saya untuk otentikasi dan terjadi kegagalan. Kondisi ini berulang berhari-hari.

Apakah Menghubungi Taspen melalui 1500919 Bisa Benar-benar Membantu ?

Ketika saya menghubungi Taspen, mereka selalu memberikan solusi berikut secara berulang-ulang :

“Dicoba lagi”

Ketika berulang kali, dan beberapa hari dicoba tetap tidak berhasil, Taspen menyarankan untuk datang ke Bank tempat bayar, dan melakukan otentikasi dan print out di sana.

Dengan solusi di atas, tentunya bagi seorang peserta Taspen yang kondisinya seperti ibu saya adalah hal yang menyulitkan. Tetapi karena saat itu adalah hari batas terakhir untuk otentikasi (setelah berhari-hari selalu gagal otentikasi melalui aplikasi), akhirnya saya terpaksa membawa ibu saya dengan kondisi sedang tidak baik ke Bank tempat bayar.

Catatan : hari sebelumnya hipertensi ibu saya kambuh dan kesulitan berjalan.

Setelah melakukan otentikasi dan print out, kemudian langsung pulang dan setibanya di dalam rumah, ibu saya yang sudah pucat tiba-tiba pingsan karena kelelahan dan tekanan darah yang tinggi.

Menghubungi 1500919 tidak akan membuat pengurusan Taspen menjadi mudah.

Aplikasi Layanan Masyarakat Terburuk

Aplikasi Otentkasi Taspen dengan kualitasnya yang buruk sangat tidak membantu peserta taspen bahkan untuk peserta Taspen yang masih sehat, karena mereka tetap harus datang ke Bank tempat bayar sehubungan dengan sulitnya otentikasi menggunakan aplikasi.

Bagi peserta taspen seperti ibu saya yang mengalami hipertensi, gejala stroke, penglihatan dan pendengaran yang sudah memburuk, tentunya sama sekali tidak terbantu dan tidak merasakan manfaat apapun dari kehadiran aplikasi ini.

Maka tidak heran bila rating aplikasi ini begitu rendah dengan nilai 2.0 di Playstore dan menurut saya termasuk sebagai aplikasi tidak layak pakai.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Publik pada tanggal Feb 26, 2019
Tags : , ,


www.000webhost.com