Averaging dan Logika Permainan Tebak OX Cashtree


Ternyata dari posting saya sebelumnya mengenai Tebak O X Cashtree masih ada yang bingung mengenai penggunaan averaging dalam permainan ini. Averaging dan permainan seperti ini adalah melipat gandakan bet pada pilihan yang sama supaya bila pilihan kita benar satu kali saja maka keuntungan yang diperoleh lebih banyak daripada kerugian sebelumnya. (Dalam forex, averaging adalah menambah transaksi pada posisi yang sama baik itu jual maupun beli untuk menambah keuntungan dari pergerakan mata uang bila suatu saat bergerak searah dengan arah transaksi)

Kali ini saya akan membahas lebih spesifik mengenai metode ini yang umum digunakan dalam permainan flip coin. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa permainan tebak OX Cashtree ini sama persis dengan permainan flip coin dimana kemungkinan untuk muncul salah satu pilihan adalah sama yaitu 50%, sehingga cukup memilih salah satu pilihan saja tanpa mengubah pilihan kita maka bisa dipastikan akan benar entah itu dalam waktu dekat atau panjang.

(Baca : Fun Fact Tebak Cashtree Tebak OX Beta)

Sebelum masuk ke averaging, kita bahas dulu logika permainan tebak OX Cashtree ini.

Logika tebak OX sama persis dengan flip coin

Tebak OX memiliki kemungkinan sama untuk munculnya salah satu pilihan sama seperti flip coin yaitu 50-50. Untuk mensimulasikan kondisi ini kita bisa menggunakan koin dan selembar kertas untuk mencatat bagaimana hasil lempar koin.

Lemparkan koin dan catat hasilnya apakah hasil lemparan koin menunjukkan angka atau gambar (head/tail dalam permainan flip coin). Lakukan berulang-ulang hingga setidaknya 25 – 50 kali lemparan. Perhatikan hasilnya dan cari kapan koin memunculkan hasil yang sama, angka-angka atau gambar-gambar.

Perhatikan bahwa setelah muncul angka atau gambar dua kali atau lebih berturut-turut maka akan lebih besar kemungkinan bahwa akan muncul pilihan sebaliknya, entah itu pada lemparan ke-3, 4 maupun 5. Inilah mengapa saya selalu menunggu setidaknya ada 2 kali O atau X yang muncul berturut-turut baru saya memasang bet untuk pilihan sebaliknya. Pilihan ini tidak akan saya ubah sebelum cocok dengan hasil random sambil melakukan averaging.

Simulai Tebak OX menggunakan koin

Sekali lagi, karena ini adalah kemungkinan, maka hasil berikutnya tidak bisa dipastikan tetapi kita bisa menggunakan metode di atas untuk mendapatkan pilihan yang benar dalam waktu yang relatif (panjang atau pendek) daripada menebak hasil yang tidak pasti.

Mulai averaging

Dengan metode memilih hasil di atas kita bisa memulai averaging. Untuk bisa melakukan averaging kita harus memulai dengan bet kecil. misalnya Rp.10 atau Rp.30. Hal ini untuk memastikan kita tidak kehilangan banyak modal hingga melebihi batas bila terjadi kesalahan berturut-turut.

Kesalahan yang dilakukan seseorang ketika melakukan averaging adalah memulai dengan nilai bet yang besar sehingga mengalami kesalahan 2 atau 3 kali saja modal tidak cukup untuk menutupi kerugian, terutama karena dalam permainan OX Cashtree maximum bet kita dibatasi hanya Rp.1000 saja.

Permainan seperti ini adalah high risk – high gain dalam artian kita bisa mendapatkan keuntungan besar, tetapi tentunya dengan resiko yang juga besar, lebih baik kita mendapatkan keuntungan yang kecil tetapi dengan resiko yang juga kecil. dengan resiko kecil maka kemungkinan kita mendapat keuntungan semakin besar (meskipun nilainya kecil). Bila dilakukan berulang-ulang tentunya keuntungan semakin menumpuk perlahan.

Contoh penggunaan averaging dalam permainan tebak OX Cashtree :

contoh penggunaan averaging dalam permainan Tebak OX Cashtree

Perhatikan pada tebakan tanggal 25 Agustus pukul 15:20.

Tebakan yang saya lakukan dengan bet Rp.10 salah, disini saya kehilangan Rp.10. pada tebakan berikutnya saya melakukan averaging karena hadiah dari permainan ini hanya 80%, saya harus menaikkan bet lebih dari dua kali lipat, yaitu 3x lipat sehingga saya mengeluarkan bet Rp.30 untuk averaging (total pengeluaran untuk bet -Rp.40).

Tebakan benar dan saya mendapat +Rp.54 (termasuk pengembalian bet). Sehingga keuntungan bersih yang saya dapatkan adalah Rp.54 – Rp.40 = Rp.14

Pada Tanggal 26 Agustus pukul 15:10 keuntungan bersih yang saya dapat adalah Rp.56 (Rp.396 – Rp.220 – Rp.80 – Rp.30 – Rp.10)

Seandainya tebakan pertama saya benar saya hanya mendapat Rp.8 (Rp.18 – bet Rp.10), tetapi karena tebakan saya salah dan bet berikutnya saya lipatgandakan lebih banyak dari total keuntungan yang hanya 1.8X atau 180%, maka keuntungan yang saya dapatkan lebih banyak daripada bila tebakan langsung benar.

Ingat bahwa fungsi utama Cashtree bukan untuk mendapatkan reward sebanyak-banyaknya, tetapi sekedar membantu kita untuk mendapatkan pulsa, berapa pun nilainya. Jangan sampai dengan hadirnya permainan ini kita jadi “tamak” dan ingin meraup untung sebesar-besarnya dari game tebak OX Cashtree ini tetapi malah “buntung”.

Catatan : dalam permainan ini kita berhadapan dengan “kemungkinan” (probabilitas) sehingga metode apa pun tidak akan ada yang mencapai kemungkinan berhasil menebak hingga 100%.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Games pada tanggal Aug 25, 2016
Tags : ,