Awal 2017 Iklan Akan Menentukan SEO


Salah satu tujuan utama Google mengembangkan mesin pencarinya adalah untuk membantu pengguna internet menemukan konten yang mereka cari secara relevan dan mudah. Salah satu hal yang mengganggu kemudahan ini adalah adanya iklan yang menutupi konten seperti interstitial dan popup. Bagaimana Google menyikapi iklan popup dan interstitial ?

Google berusaha membantu pengguna menemukan konten yang mereka cari dengan mudah

Seperti yang dikutip dari Google Webmasters Central Blog bahwa setelah tanggal 10 Januari 2017 mendatang, halaman-halaman website maupun blog dimana kontennya tidak bisa diakses dengan mudah karena tertutup oleh iklan interstitial maupun popup khususnya bila dibuka dengan mobile device akan diturunkan rankingnya pada hasil pencarian. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa iklan tersebut mengganggu pengguna terutama pada mobile device yang memiliki layar kecil.

Berikut adalah beberapa iklan yang membuat konten website atau blog kurang terakses oleh pengguna :

Bila syarat di atas terpenuhi, maka Google memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa konten halaman tersebut tidak dapat diakses dengan mudah oleh pengguna. Kecuali bila iklan interstitial atau popup tersebut berisi mengenai :

contoh iklan interstitial

Contoh iklan intersitial yang menutupi sebagian besar konten sehingga pengguna tidak langsung mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Iklan akan menjadi salah satu faktor penentu SEO

Sejak awal tahun 2017 iklan akan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi SEO, untuk itu manfaatkan layout untuk iklan sebaik-baiknya. Jangan berlebihan dalam menampilkan iklan untuk mencari keuntungan dengan mengorbankan aksesibilitas pengguna terhadap informasi yang dibutuhkan.

Baik Google maupun penyedia layanan iklan atau ad-network memiliki kriteria untuk lokasi penempatan iklan yang baik, tentunya dengan memanfaatkan ruang yang ada tanpa mengganggu pengguna, seperti misalnya pada header, sidebar maupun footer.

Hindari penggunaan iklan interstitial dan popup, kemungkinan juga sebagian iklan pop-under, baik itu secara otomatis maupun dengan trigger (misalnya ketika user melakukan klik maupun dengan timer).

Singkat kata, Google akan menghukum website atau blog dengan iklan yang mengganggu.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori SEO pada tanggal Aug 24, 2016
Tags : ,


www.000webhost.com