Backlink, Page Rank dan Rank SERP Yang Turun


Blog post kali ini ditujukan bagi mereka, khususnya para blogger yang mengalami BO (Backlink Obsession) alias mereka yang terobsesi dengan backlink dan Page Rank, yang sebenarnya pengaruhnya dalam SEO sangat kecil sekali, dan tidak mempengaruhi ranking halaman website atau blog kita dalam SERP (Search Engine Result Page). Karena itulah Sejak kuartal pertama tahun 2016, Google mematikan data Page Rank untuk publik.

3 Pertanyaan ini muncul dalam sebuah thread forum yang membahas mengenai backlink :

Untuk menjawab pertanyaan di atas saya akan membahas mengenai backlink dan sedikit tentang SERP.

Cara link building yang benar dan cara mendapatkan backlink :

Apa yang menyebabkan rank SERP website bisa turun ? (sehubungan dengan backlink)

  1. SERP tidak dipengaruhi oleh Page Rank, jadi hanya mengandalkan backlink saja tidak akan membuat rank SERP kita naik atau bertahan.
  2. Algoritma google berusaha menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan karakteristik browsing pengguna dengan memanfaatkan cookies pada browser yang merupakan rekaman aktifitas kita selama browsing, sehingga hasil pencarian satu orang dengan orang lain, untuk keyword yang sama, bisa berbeda urutan prioritasnya, tidak hanya itu, ada beberapa faktor lain (di luar backlink dan Page Rank tentunya) yang juga mempengaruhi posisi website kita dalam SERP, karena itulah statistik Google Rank kita pada Google Search Console memiliki angka desimal, karena merupakan rank rata-rata.
  3. Ingat bahwa dalam SEO kita bersaing dengan puluhan hingga ribuan website yang kemungkinan membahas hal yang sama, sehingga bila informasi kita kurang lengkap, jarang mendapat kunjungan oleh pengguna dari mesin pencari, atau waktu kunjungan kurang (sering mendapatkan bounce traffic), kita akan kalah dengan website atau blog lain yang kontennya lebih lengkap dan informatif, meskipun backlink kita sangat banyak dan website lain yang mengalahkan kita dalam SERP tidak punya backlink sama sekali.

Tunggu, kalau backlink dan Page Rank tidak berpengaruh besar dalam SEO mengapa Google menciptakan Page Rank dan sistem backlink ?

Google memerlukan sebuah media untuk mengukur prioritas crawling bagi indexnya, proses crawling ini biasa dilakukan secara otomatis. Page Rank digunakan sebagai ukuran prioritas crawling ini. Seberapa sering bot Google mengunjungi dan melakukan crawling secara rutin untuk memastikan ada update atau tidak, serta seberapa dalam google akan melakukan crawling terhadap link-link yang terdapat dalam sebuah dalaman website dipengaruhi oleh Page Rank, dan Page Rank bisa didapatkan melalui backlink. Hanya itu.

Sehingga mereka yang memiliki Page Rank tinggi, akan lebih cepat terupdate secara otomatis atau halaman websitenya akan lebih cepat terindeks secara otomatis daripada mereka yang tidak memiliki Page Rank atau memiliki Page Rank lebih rendah. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan fasilitas Fetch as Google pada Google Search Console (dulu bernama Google Webmaster Tools), dimana halaman website yang kita submit akan diindeks dalam hitungan menit saja, berapa pun Page Rank yang kita miliki.

Tips : Tingkatkan Page Rank bila anda ingin proses indexing dilakukan lebih cepat secara otomatis oleh Google tanpa anda mengobok-obok Google Search Console, sehingga anda hanya perlu mempublikasikan konten dan menunggu Google mengindeks halaman anda. Bila menggunakan fasilitas Fetch as Google anda tidak perlu memikirkan mengenai Page Rank.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori SEO pada tanggal Mar 03, 2017
Tags : , , ,