Belajar Membuat Website, Mulai Dari Mana ?


Banyak pertanyaan yang muncul ketika seseorang ingin belajar membuat website atau ingin membuat website tetapi tidak memiliki dasar pemrograman web dan bingung mulai belajar dari mana sementara bagi mereka yang pernah memiliki sebuah blog menggunakan layanan penyedia blogging platform hanya terbiasa mengotak-atik kode yang sudah ada, biasanya kode CSS untuk tampilan saja, karena bila kita menggunakan penyedia layanan blogging platform atau website builder kita harus mengikuti peraturan yang mereka miliki seperti misalnya, tidak boleh mengubah footer yang berisi brand penyedia layanan tersebut.

Dengan adanya peraturan yang mengikat itu akhirnya beberapa pengguna ingin mencoba memiliki website sendiri, yang didesain sendiri dengan brand milik sendiri tanpa terikat peraturan yang ribet, kecuali peraturan dari penyedia layanan hosting yang kita gunakan.

Awal belajar untuk membuat sebuah website. Apa saja yang perlu dipelajari dan software apa saja yang perlu digunakan.

Bahasa pemrograman website dasar :

Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa diaplikasikan ke dalam sebuah website tetapi sebenarnya dengan bahasa pemrograman dasar untuk website kita sudah bisa membuat website sesuai dengan selera kita. Dua bahasa pemrograman dasar untuk membuat sebuah website adalah HTML dan CSS.

Hanya dengan menguasai HTML dan CSS saja kita sudah bisa membuat sebuah website, lupakan dahulu bahasa-bahasa pemrograman yang lain.

HTML adalah sebuah bahasa pemrograman dalam pembuatan sebuah website yang paling utama, apa pun yang kita perlukan dalam sebuah website ada di dalamnya, sementara CSS adalah sebuah bahasa pemrograman yang sifatnya sebenarnya opsional atau tidak wajib digunakan tetapi sangat bermanfaat untuk menyederhanakan kode pemrograman untuk tampilan website kita.

Pembahasan lebih spesifik mengenai HTML dan CSS akan dibahas pada post berikutnya.

Software apa yang bisa digunakan untuk membuat sebuah website ?

Beberapa orang web developer menggunakan berbagai software website building professional yang tentunya akan memakan waktu untuk menguasai aplikasi tersebut dan percaya saja … Sebuah website profesional bisa dibuat tanpa menggunakan aplikasi profesional.

Software yang kita perlukan untuk membuat sebuah website sebenarnya hanyalah sebuat text editor yang memiliki fasilitas highlighting untuk menandai script-script dari bahasa pemrograman tertentu yang kita gunakan untuk mempermudah pembacaan, meskipun sebenarnya kita juga bisa membuat sebuah website dengan aplikasi text editor biasa, seperti misalnya notepad.

Software text editor ini di antaranya adalah BlueFish, Kate, Notepad++, Pluma, dan software text editor lain yang hampir semua software tersebut bisa didapatkan secara GRATIS.

Dengan memiliki software tersebut, setidaknya kita sudah memiliki persiapan untuk mulai belajar membuat sebuah website sendiri.

Pembahasan berikutnya mengenai HTML dan struktur dasar sebuah website.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Website pada tanggal Jan 26, 2016
Tags : , ,


www.000webhost.com