Butuh Traffic ? Hindari Traffic Exchange


Banyak pemilik website terutama blog ingin situsnya ramai pengunjung. Situs-situs Traffic Exchange adalah salah satu jalan pintasnya, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Traffic Exchange sebagai sarana mendapatkan penghasilan melalui traffic.

Perhatikan jenis bisnis anda

Bila anda adalah pemilik website atau blog yang mencari penghasilan melalui iklan yang ditayangkan menggunakan jasa ad-network seperti adsense atau ad-network lainnya sebaiknya anda menghindari penggunaan fasilitas Traffic Exchange untuk meningkatkan traffic.

Saat ini banyak penyedia layanan ad-network yang menolak traffic yang memiliki kualitas rendah terutama yang datang dari situs-situs Traffic Exchange. Kalau seandainya mereka menerima low quality traffic biasanya harga per CPM nya lebih rendah, bahkan beberapa ad-network tidak membayar traffic seperti ini atau menolak website kita saat proses review.

Traffic exchange lebih cocok digunakan oleh mereka yang menjalankan bisnis afiliasi, suatu pola bisnis yang membutuhkan referral atau downline, atau juga bagi mereka yang menawarkan barang atau jasa.

Perlu diketahui bahwa yang bisa membaca website yang dibagikan melalui situs-situs seperti ini hanya para member saja dan mereka adalah orang yang juga sedang menawarkan bisnis atau mencari penghasilan dari traffic exchange, bukan customer.

Apakah menggunakan traffic exchange mempengaruhi SEO ?

Menggunakan Traffic Exchange sama sekali tidak mempengaruhi SEO. Karena trafficnya datang dari sebuah website maka akan dianggap sebagai referral traffic yang tidak begitu berperan penting dalam SEO.

Penggunaan situs traffic exchange kemungkinan akan menambah backlink atau link in saja yang juga tidak berperan penting dalam SEO. Ingat, bahwa peran backlink hanya menentukan bagaimana bot mesin pencari meng-crawl halaman website kita tetapi sama sekali tidak mempengaruhi posisi artikel kita dalam urutan hasil pencarian atau bahasa SEO nya SERP.

(Baca: Mengenai Page Rank dan Backlink)

Apa pengaruhnya bila terlalu sering menggunakan atau terlalu banyak traffic datang dari situs Traffic Exchange ?

Menggunakan Traffic Exchange akan mempengaruhi reputasi website kita di mata penyedia layanan ad-network atau di mata mereka yang mengincar website kita untuk memasang iklan.

Traffic dari situs TE adalah referral traffic dimana traffic jenis ini termasuk kategori traffic non-organik yang memiliki kualitas traffic rendah, sementara para pemasang iklan membutuhkan traffic berkualitas tinggi, misalnya direct traffic, atau traffic organik yang datang dari mesin pencari, supaya iklan yang ditampilkan bisa lebih tepat sasaran dan sesuai dengan konten.

Pengunjung dari situs TE adalah member dari situs tersebut, sehingga bisa dipastikan bahwa pengunjungnya adalah orang yang sama setiap hari, dengan demikian iklan yang ditayangkan tidak bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Bagaimana cara yang tepat untuk mendapatkan traffic ?

SEO adalah cara terbaik untuk mendapatkan traffic, karena kita tidak perlu bersusah payah menyebar link sana-sini, tidak perlu berpromosi ke mana-mana untuk bisa mendapatkan traffic. Keberadaan mesin pencari sangat membantu pengguna internet untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Media sosial adalah salah satu alternatif terbaik untui mendapatkan traffic dari berbagai informasi yang ingin anda bagikan pada kerabat, teman atau orang lain. Meskipun bukan termasuk organic traffic tetapi pengunjung yang datang dari media sosial masih dianggap sebagai high quality traffic.

Hindari menyebar link pada kolom komentar website lain atau melalui email terutama bila konten dari link yang anda pasang tidak berhubungan dengan konten dalam artikel utama ditempat anda berkomentar karena bila hal ini dilakukan secara berlebihan akan dianggap sebagai spam.

Dalam aktifitas crawling, bot dari mesin pencari juga akan membaca isi dari link yang terpasang pada halaman tersebut sehingga bisa membandingkan koten kedua artikel.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging, Website pada tanggal Nov 14, 2016
Tags : , ,