Cahaya Misterius Dalam Mitos, Legenda dan Cerita Rakyat


Dalam berbagai cerita-cerita rakyat, mitos maupun legenda suatu negara atau daerah tertentu, terkadang kita menjumpai beberapa kisah yang melibatkan cahaya-cahaya misterius yang sering kali digambarkan sebagai bola api. Berikut ini adalah beberapa bola api misterius yang sering muncul dalam cerita rakyat, mitos dan legenda.

1. Will o’ The Wisp / Will o’ Wisp, Eropa

ilustrasi will o' the wispIni adalah sebuah fenomena cahaya misterius yang populer di daratan Eropa, tidak hanya muncul di berbagai cerita rakyat dan legenda, will o’ the wisp juga bisa didapati pada game tertentu terutama buata Eropa.
Will o’ Wisp atau ignis fatuus (dari bahasa latin yang artinya api palsu) adalah sebuah cahaya yang sering kali dilihat oleh orang-orang yang melakukan perjalanan pada malam hari terutama bila melewati kawasan hutan dengan rawa-rawa.
Cahaya ini digambarkan memiliki penampilan seperti cahaya lampu yang berkedip dan akan menghilang perlahan bila didekati, membuat pada penjelajah yang penasaran menjadi tersesat bila mengikuti cahaya ini.
Di beberapa negara fenomena ini memiliki banyak sekali nama termasuk Jack ‘o lantern, friar’s lantern, dan di Amerika sering disebut sebagai “spook-lights”, “ghost-light” atau “orbs” terutama oleh mereka yang meneliti tentang fenomena-fenomena paranormal.

2. Hitodama, Jepang

penggambaran hitodama dalam sebuah animeLegenda Jepang mempercayai bila jiwa manusia terlepas dari tubuhnya akan terlihat seperti cahaya yang memiliki ekor panjang yang dinamai Hitodama yang diambil dari kata hito no damashi yang artinya jiwa manusia.
Ada banyak penggambaran mengenai fenomena hitodama ini tetapi semuanya memiliki kesamaan, yaitu mereka terbang tidak terlalu tinggi, memiliki warna biru, oranye atau merah dan memiliki ekor baik itu pendek atau panjang, bahkan beberapa juga terlihat pada siang hari.
Beberapa juga menyatakan bahwa terkadang fenomena ini juga muncul ketika ada seorang bayi yang akan lahir dan di beberapa tempat juga disebut sebagai api misterius yang membawa manusia menuju kematian.
Di sebuah tempat di prefektur Chiba, hitodama disebut dengan “tamase” dan disebutkan bahwa tamase ini akan keluar dari tubuh 2 hingga 3 hari setelah kematian dan pergi menuju kuil atau orang-orang yang memiliki hubungan erat dengannya seperti teman atau keluarga.

3. Chir Batti

Chir batti adalah sebuah fenomena tarian cahaya misterius yang dilaporkan terjadi di sekitar padang rumput Banni, tanah rawa musiman (sebuah lokasi yang akan menjadi rawa-rawa pada musim tertentu terutama saat musim penghujan), dan di sekitar perbatasan Indo-Pakistani di distrik Kutch bagian Gujarat, India.
Penduduk lokal sering mendapati cahaya ini melayang terkadang terbang ke arah tertentu. Sama seperti hitodama, orang-orang percaya bahwa cahaya ini adalah jiwa orang yang telah meninggal karena sering kali terlihat setelah adanya upacara terutama pemakaman.
Dalam bahasa setempat Chir artinya hantu dan Batti artinya cahaya.

4. Cahaya Naga Mekong, Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Burma, China

foto fenomena naga fireball atau cahaya mekongCahaya Mekong atau juga disebut bola api Naga oleh penduduk lokal adalah fenomena cahaya yang sering terlihat di atas sungai Mekong yang tampak naik dari permukaan air dan melayang tinggi. Bola-bola ini disebutkan memiliki warna kemerahan hingga oranye dan memiliki ukuran bervariasi dari sebesar cahaya lilin hingga sebesar bola basket yang melayang naik hingga beberapa ratus meter sebelum kemudian menghilang. Jumlah bola api juga bervariasi mulai dari puluhan hingga ribuan per malam.
Tidak hanya dari sungai Mekong, bola-bola api ini juga dilaporkan muncul dari danau dan kolam-kolam di daerah Phon Pasai. Fenomena ini sering kali muncul pada malam Wan Ok Phansa sebuah festival yang dirayakan setiap bulan Oktober dimana upacara utamanya akan menggunakan sebuah perahu dengan panjang antara 8 – 10 meter yang membawa berbagai sesajian dan didekorasi pada bagian luarnya menggunakan bunga-bunga, lilin dan lampu.
Dengan adanya upacara tersebut maka ada penjelasan yang menyatakan bahwa bola-bola api tersebut adalah sebuah gas phospine yang diproduksi oleh lingkungan rawa yang kemudian terbakar oleh api ketika prosesi upacara dan akan terus menyala hingga gas terbakar habis.

5. Banaspati, Indonesia

Banaspati adalah sebutan bagi makhluk supranatural atau hantu yang dikenal luas di Indonesia memiliki wujud berupa bola api dan terkadang digambarkan sebagai makhluk jahat yang suka menghisap darah manusia ada pula yang menyebutkan bahwa hantu banaspati ini menyukai darah kotor (bisa jadi alternatif cuci darah dong), selain itu makhluk ini juga dikabarkan suka terhadap emosi manusia yang meledak-ledak atau mudah marah.
Biasanya banaspati terbang tidak terlalu tinggi dan tampak seperti nyala obor yang menerangi lingkungan di sekitarnya, digambarkan juga bahwa makhluk ini terbang dengan posisi kepala di bawah dan suka tinggal di tempat-tempat gelap terutama goa.
Ada mitos yang menyatakan bahwa bila kita berhasil memadamkan api di tubuh banaspati maka makhluk ini akan mati atau sirna dan tidak akan kembali lagi.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Dunia pada tanggal Oct 26, 2015
Tags : , ,