Install Manual CMS WordPress


logo wordpressBagi kita yang ingin menggunakan CMS WordPress tetapi pihak hosting tidak menyediakan auto installer atau tidak tahu bagaimana cara instalasi CMS WordPress secara otomatis, tentunya kita harus melakukan proses instalasi secara manual, proses instalasi bisa menggunakan PhpMyAdmin, MySQL Database, atau Plesk. Di sini akan dibahas instalasi manual dengan cara termudah yaitu menggunakan MySQL database yang dimiliki oleh sebagian besar penyedia layanan hosting baik yang gratis maupun berbayar. Pastikan anda membaca fasilitas yang disediakan terutama bila menggunakan layanan hosting gratis baik itu mengenai ketersediaan MySQL database termasuk versinya.

Setup MySQL Database

Yang perlu kita lakukan pertama kali tentunya adalah membuat database yang nantinya akan digunakan oleh WordPress untuk menyimpan dan mengolah berbagai post dan komentar. Pembuatan database ini bisa dilakukan melalui cPanel atau layanan lain yang disediakan oleh pihak hosting.

Masukkan Nama Database, Username dan password untuk login. Catat semuanya termasuk lokasi host MySQLnya.

Konfigurasi file wp-config.php

Buka file explorer dan arahkan menuju folder wordpress, di sana kita akan menemui file bernama wp-config-sample.php copy file tersebut dan beri nama wp-config.php atau rename langsung filenya.

Buka file tersebut dan masukkan data nama database, username, password dan lokasi host database ke bagian :

/** The name of the database for WordPress */
define(‘DB_NAME’, ‘database_name_here’);

/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘username_here’);

/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘password_here’);

/** MySQL hostname */
define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);

Simpan file.

Upload CMS wordpress

Bila kita menginginkan blog kita pada posisi root folder upload Keseluruhan isi folder wordpress ke dalam folder public_html menggunakan FTP client atau cPanel. Untuk contoh kali ini kita akan menggunakan sub-folder sehingga blog tersebut akan memiliki alamat http://www.nama-website.com/blog/ misalnya karena home page akan digunakan untuk keperluan lain. Untuk itu kita upload CMS (seluruh isi folder wordpress) ke folder public_html/blog.

Install script WordPress

Langkah berikutnya adalah install CMS WordPress pada hosting server. Kita hanya perlu membuka file install.php yang sudah terupload. Karena CMS kita install dalam sib-folder maka kita buka file tersebut dengan mengakses file dari browser pada alamat http://www.nama-website.com/blog/wp-admin/install.php

Ikuti instruksi selanjutnya dan wordpress akan terinstall dan siap untuk digunakan.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging pada tanggal Jun 21, 2016