Cara Tepat E-Boarding Kereta Api


Check In Counter Stasiun Surabaya Gubeng Lama

Sejak beberapa waktu lalu, PT KAI telah memperkenalkan metode baru untuk boarding tanpa perlu mengantri untuk mencetak boarding pass. Bagi mereka yang membeli tiket melalui aplikasi KAI Access, bisa melakukan boarding tanpa mencetak Boarding Pass menggunakan fasilitas e-boarding.

Hingga saat ini masih sangat sedikit orang yang memanfaatkan fasilitas ini, mungkin karena takut salah, kurang mengenal teknologi, atau lebih suka dengan rutinitas yang sering dilakukan dan prosesnya sudah dikenal.

Ada petugas boarding yang kurang mengetahui atau kurang mengenal e-boarding

Salah satu kendala ketika saya melakukan boarding menggunakan e-boarding adalah, masih ada beberapa petugas e-boarding yang ternyata kurang mengenal atau kurang paham mengenai proses e-boarding.

Seperti yang saya alami ketika melakukan e-boarding di stasiun Surabaya Gubeng Lama, saya menunjukkan e-boarding pada smartphone saya kepada petugas boarding. Ketika petugas melihat tampilan e-boarding yang berupa QR code dan berbeda dengan Boarding Pass (cetak), dia berkata :

“Lho, e-boarding kok ngene ?” ( Lho e-boarding kok begini ? )

Lalu salah satu petugas yang berada di sebelahnya mengambil alih dan langsung men-scan QR code yang tampak pada smartphone saya.

Perlu diketahui bagi petugas boarding, bahwa yang di scan untuk proses e-boarding bukan berupa barcode seperti pada Boarding Pass, melainkan berupa QR code.

Tips supaya memudahkan proses e-boarding

Beberapa orang yang melakukan proses e-boarding biasanya mengalami kendala berupa, QR code yang tampil pada layar sulit untuk dibaca oleh alat scanner. Hal ini terjadi karena layar smartphone kurang terang, sehingga kontras warna pada layar yang menampilkan QR code e-boarding sulit dibaca oleh mesin scanner.

Sebelum melakukan boarding menggunakan boarding pass, pastikan layar smartphone memiliki tingkat kecerahan yang cukup. Ubah brighness layar dari otomatis menjadi manual dan dengan kondisi kecerahan antara 75% hingga 100%. Tunjukkan e-boarding pass pada smartphone bersama KTP atau tanda pengenal valid lain yang anda gunakan untuk memesan tiket kepada petugas boarding.

Artikel terkait :

Manfaatkan Aplikasi KAI Access


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Publik pada tanggal Jan 27, 2018
Tags : , ,