CIA UFO Declassified Files: Dari Tibet Hingga Nepal




CIA telah mempublikasikan beberapa dokumen terkait UFO sebanyak sekitar 13 juta halaman. Penerbitan ini termasuk laporan analisa. Beberapa arsip CIA menunjukkan bahwa mata-mata Amerika Serikat tertarik dengan fenomena UFO tidak hanya di wilayah Amerika Serikat dan Eropa Barat, tetapi juga beberapa kemunculan UFO di daerah lain, termasuk atas Gunung Himalaya.

Dokumen-dokumen yang dipublikasikan ini bisa dibaca di halaman Freedom Of Information Act Electronic Reading Room di situs resmi CIA: https://www.cia.gov

Pada tahun 1968, CIA melaporkan enam kasus penampakan UFO di langit wilayah Ladakh dan Sikkim, India dan di atas negara Bhutan dan Nepal.

Nepal dan Sikkim

Pada tanggal 19 Februari 1968, sebuah benda menyala terang bergerak dengan kecepatan tinggi di langit sebelah Timur Laut Nepal san Sikkim sekitar pukul 21:00 waktu setempat.

Menurut dokumen yang dipublikasikan, benda yang bergerak dengan kecepatan tinggi itu memiliki bentuk memanjang dan memancarkan cahaya berwarna merah dan hijau.

Dalam dokumen tertulis: “Sebuah benda bergerak cepat, panjang dan tipis, memancarkan cahaya terang berwarna merah dan hijau, begitu terang seperti cahaya di siang hari. Suara guntur terdengar beberapa detik setelah penampakan benda tersebut.”

Bhutan

Pada tanggal 21 Februari 1968, CIA melaporkan pengamatan UFO lain di ibu kota Bhutan, Thimpu.

Dinyatakan bahwa benda tersebut memancarkan pendaran berwarna biru dan bergerak tanpa suara. Selanjutnya dilaporkan bahwa benda tersebut bergerak dengan kecepatan tinggi.

Menurut dokumen yang dipublikasikan, benda tersebut bergerak dari Timur ke Barat. Tetapi, karena sebelah timur Thimpu adalah wilayah India, kemungkinan arah terbang sebenarnya dari Timur Laut ke Barat Daya, dari arah Tibet.

Ladakh

Pada tanggal 4 Maret 1968, sebuah benda tidak dikenal terlihat bergerak dari timur ke barat dekat tembusan Chang La, sebuah jalan melalui pegunungan tinggi. Benda tersebut terbang melintasi markas angkatan udara India, di daerah Fukche dan Koyul.

Menurut laporan CIA : “Sebuah cahaya putih dan dua suara ledakan terdengar secara bersamaan. Juga, satu cahaya kemerahan diikuti dengan asap putih.”

Nepal

Hal yang paling menarik dalam laporan ini adalah pengamatan pada tanggal 25 Maret 1968, di distrik Kaski, barat laut Nepal.

Menurut laporan, “Sebuah benda berbentuk piring metalik besar dengan lebar enam kaki (hampir 2 meter) di bagian dasar dan tinggi empat kaki (sekitar 1.2 meter) ditemukan di sebuah kawah di Baltichaur, lime mil di sebelah Timur Laut Pokhara,” sementara laporan lainnya menyatakan hal yang sama seperti penampakan di Ladakh.

Laporan lainnya juga menyatakan bahwa benda yang sama ditemukan di daerah Talakote dan Turepasale.


Sejak tahun 2016, CIA telah mempublikasikan dokumen rahasia yang berhubungan dengan UFO secara berkala. Tetapi, salah satu dokumen menyebutkan bahwa setidaknya 20% dari dokumen yang berkaitan dengan UFO tersebut tidak memiliki penjelasan secara ilmiah.

Sumber :

From Tibet to Nepal: CIA Declassifies Files on UFO Sightings Over Himalaya – Sputnik News


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori UFO pada tanggal Feb 02, 2017
Tags : , ,


www.000webhost.com