Daily Fibonacci Pivot Untuk Intraday Trading


Fibonacci, sebuah elemen analisa yang sangat disukai oleh sebagian besar trader karena akurasinya, cara penggunaannya pun bermacam-macam, diantaranya adalah Fibonacci Retracement dan Fibonacci Pivot. Setelah sebelumnya saya posting mengenai rumus dari fibonacci pivot dimana rumus tersebut bisa dimasukkan ke dalam spread sheet (misalnya Excel), untuk saat ini saya akan membahas tentang penggunaannya dalam chart.

Penggunaan daily fibonacci pivot dalam charting sebenarnya sangat mudah, kita cukup melihat chart harian dan menghitung harga High, Low dan Close dari candlestick sebelumnya menggunakan rumus fibonacci pivot, kemudian kita akan menemukan level-level pivot, dan support / resistance nya dimana pivot ini berfungsi seperti garis tengah dari sebuah pergerakan harga.

Sebagian besar indikator daily fibonacci pivot yang ada menggunakan warna yang kurang menarik dan terlalu banyak label, karena itu lah saya membuat indikator dengan warna-warna yang lebih enak di lihat, orange-merah untuk support dan kombinasi warna hijau untuk resistance. Kebiasaan kita melihat warna merah sebagai bearish dan hijau sebagai bullish karena itulah support yang posisinya di bawah menggunakan warna orange-merah dan resistance yang posisinya di atas menggunakan warna hijau.

Time frame efektif untuk daily fibonacci pivot :

Time frame efektif untuk daily fibonacci pivot ini bervariasi antara 15m – 240m (h4) tergantung seberapa lebar level-levelnya. Ketika pergerakan harga pada hari sebelumnya tidak terlalu besar tentunya level-level support/resistance juga akan menyempit sehingga membatasi efektifitas pada time frame besar.


daily fibonacci pivot pada chart 60m ( 1h )
 

daily fibonacci pivot pada chart 240m ( 4h )

Pada chart pertama kita bisa melihat bagaimana harga memantul pada level2 fibonacci pivot, dan pada chart kedua kita bisa melihat bahwa pair EURUSD sedang membentuk pola reversed Head and Soulder dengan posisi shoulder pada Support 1 dan neckline pada pivot.

Dan hasilnya Pola Head and Shoulder mencapai target pada resistance terakhir.

contoh penggunaan daily pivot sebagai target, support dan resistance.
daily fibonacci pivot resistance sebagai target

Untuk indikator fibonacci pivot saya sediakan indikator buatan saya sendiri yaitu multi fibonacci pivot yang menunjukkan fibonacci pivot harian, mingguan dan bulanan untuk analisa lebih lengkap. Indikator ini saya buat untuk menentukan tidak hanya sekedar support dan resistance saja tetapi juga untuk menentukan dimana strong support dan strong resistance yang menunjukkan support – resistance kuat dimana perhitungan pivot dari berbagai periode berada saling berdekatan atau bahkan mungkin berada di level yang sama.

Download indikator untuk MT4 :

_multi_pivot.ex4

Matikan adblocker bila link download tidak muncul


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Forex pada tanggal Jun 02, 2017
Tags : , ,


www.000webhost.com