Sistem Pertahanan Bumi Dari Berbagai Ancaman


2 Juli dinobatkan sebagai world UFO day, dimana seluruh dunia merayakan hari ini sebagai hari dimana dunia menerima keberadaan UFO secara resmi sebagai sebuah fenomena global. Salah satu film yang paling dinantikan bagi penggemar sci-fi (science fiction) adalah Independence Day: Resurgence yang merupakan kelanjutan dari film sebelumnya yang ditayangkan 20 tahun silam yaitu Independence Day (1996). Sehubungan dengan film ini, muncul pertanyaan : bagaimana manusia di Bumi mempertahankan diri bila suatu saat nanti terjadi serangan dari makhluk asing ?


Daftar isi :


Planetary Defense atau pertahanan planet adalah suatu hal yang sebenarnya sudah lama dibicarakan dan saat ini sudah terlaksana. Meskipun demikian yang dimaksud dalam pertahanan planet di sini adalah pertahanan dari benda-benda luar angkasa yang membahayakan Bumi terutama asteroid yang memiliki ukuran cukup besar untuk mampu menembus pertahanan alami planet kita, atmosfer.

Planetary Defense Coordination Office milik NASA yang dibuka pada awal tahun 2016 ini menyebutkan bahwa Planetary Defense adalah sebuah istilah yang menyebutkan tentang berbagai upaya untuk mendeteksi kemungkinan dan memperingati akan bahaya asteroid atau komet yang memiliki kemungkinan untuk menabrak Bumi dan kemudian mencegah atau mengurangi efek yang ditimbulkan. Aktifitas pertahanan planet ini termasuk :

  • Mendeteksi dan melacak NEO (Near Earth Object) yang memiliki kemungkinan menabrak Bumi.
  • Memperhitungkan arah, ukuran, bentuk, massa, komposisi, dinamika rotasi dan parameter lain sehingga para ahli bisa menentukan tingkat bahaya ketika terjadi tumbukan, memperingatkan waktunya, kemungkinan efek dan menentukan upaya untuk menghindari terjadinya tumbukan.
  • Merencanakan dan melaksanakan cara-cara untuk membelokkan atau menghancurkan objek yang memiliki kemungkinan menabrak Bumi, atau mengurangi jatuhnya korban termasuk evakuasi titik tumbukan dan pemindahan infrastruktur penting bila tumbukan tidak bisa dihindari.

Beberapa misi yang dilakukan sehubungan dengan Planetary Defense

  • AIDA
    Asteroid Impact and Deflection Assessment (AIDA) adalah sebuah kolaborasi internasional antara European Space Agency (ESA), NASA, Observatoire de la Côte d´Azur (OCA) dan Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory (JHU/APL). sistem pertahanan ini memanfaatkan teknik timbukan kinetik untuk mengubah jalur orbit sebuah asteroid di luar angkasa menggunakan Double Asteroid Redirection Test (DART) milik NASA dan Asteroid Impact Mission (AIM) milik ESA.
  • ARM
    Asteroid Redirect Mission adalah misi robotik pertama di dunia untuk mengunjungi asteroid besar di dekat Bumi dan membawanya ke sebuah orbit yang stabil di sekitar Bulan, kemudian astronot akan mengunjungi asteroid tersebut dan kembali membawa sampel mineral dari permukaannya.
  • NEO-WISE
    NEOWISE adalah sebuah proyek berburu asteroid yang merupakan bagian dari misi Wide-field Infrared Survey Explorer untuk mengambil data dari asteroid dan komet baik itu jumlah asteroid dalam sistem tata surya kita, orbit, ukuran dan komposisi.
  • OSIRIS-REX
    Origins Spectral Interpretation Resource Identification Security – Regolith Explorer akan terbang menuju sebuah asteroid dekat Bumi yang bernama Bennu (1999 RQ36) dan akan membawa sekitar 2,1 ons sampel kembali ke Bumi untuk dipelajari. Misi ini diharapkan akan membantu ilmuwan untuk menyelidiki bagaimana planet terbentuk dan bagaimana kehidupan dimulai termasuk pengetahuan mengenai asteroid yang memiliki kemungkinan menabrak Bumi.
    Peluncuran Osiris dijadwalkan pada tanggal 8 September 2016 pada pukul 19:05 EDT (European Daylight Time) atau pada pukul 06:05 WIB pada tanggal 9 Septamber 2016.

Sistem pertahanan Bumi dari serangan UFO ?

Oke, jadi planet kita sudah memiliki sistem pertahanan dari berbagai ancaman yang terjadi karena faktor alam. Bagaimana bila yang mengancamm kehidupan di bumi bukan lagi faktor alam, tetapi makhluk hidup dengan kecerdasan yang datang dari planet lain. Apakah kita punya sistem pertahanan khusus untuk mengatasi ancaman ini ?

Beberapa sistem pertahanan dari UFO di bawah ini masih berupa teori maupun konspirasi, bahkan beberapa ada yang diperdebatkan keberadaannya.

Sistem pertahanan alami

Sama seperti Bumi yang memiliki sistem pertahanan alami dari ancaman benda-benda asing seperti asteroid dan komet yaitu atmosfer, secara tidak disengaja Bumi juga memiliki pertahanan alami dari makhluk asing yang datang dari planet lain.

Dalam novel dan film berjudul War Of The World dikisahkan bagaimana pasukan tentara menggunakan berbagai macam cara untuk menghancurkan si alien tetapi tidak ada hasil, ternyata pada akhir cerita alien tersebut mati karena penyakit.

Bakteri adalah makhluk bersel satu yang hidup di mana-mana, bahkan jutaan dari mereka kita hirup setiap hari, menempel pada kulit kita bahkan masuk ke sistem pencernaan kita, tetapi kita tidak terpengaruh karena tubuh kita sudah memiliki kekebalan alami terhadap bakteri-bakteri tersebut, sementara makhluk asing yang tinggal di planet selain Bumi tentunya tidak memiliki sistem kekebalan tubuh ini sehingga bakteri yang hanya mengebabkan flu ringan saja bisa mematikan bagi mereka.

Mempersenjatai Luar Angkasa

Sebuah isu konspirasi yang begitu ramai beberapa tahun lalu mengenai Amerika dan kemungkinan beberapa negara yang “mempersenjatai” luar angkasa memunculkan teori kemungkinan bahwa senjata-senjata ini akan digunakan untuk melindungi Bumi dari serangan UFO yang mengancam Bumi.
Rencana mempersenjatai luar angkasa ini dimulai pada bulan Mei 2005 tetapi kemudian mendapat penolakan saat UFO Conference di Toronto.

The Solar Warden

Ini adalah sebuah konspirasi yang beberapa waktu lalu menyita perhatian pengamat UFO.

Bagi para pengamat dan antusias UFO tentunya mengenal salah satu bentuk UFO yaitu “cerutu” atau silinder. Bagaimana bila ternyata UFO raksasa berbentuk silinder tersebut ternyata adalah sebuah proyek rahasia “kita” untuk mempertahankan Bumi dari serangan makhluk asing ?
Menurut informasi yang beredar adalah bahwa The Solar Warden ini sudah beroperasi sejak tahun 1980an.

Yang membuat topik mengenai The Solar Warden ini menjadi perbincangan panas adalah sumber informasi mengenai proyek rahasia ini didapat dari seorang administrator Skotlandia bernama Gary McKinnon yang pada tahun 2002 menyusup ke komputer komando luar angkasa Amerika Serikat dan menemui data yang menyebutkan mengenai “non-terrestrial officers”, “fleet-to-fleet transfer” dan sebuah program rahasia bernama “Solar Warden” termasuk informasi mengenai “free energy”. McKinnon kemudian diadili pada November 2002 dan kemudian di-ekstradisi ke Amerika Serikat.

Baca selengkapnya mengenai Gary Mckinnon di Wikipedia

Menurut data yang didapatkan oleh McKinnon, Solar Warden memiliki delapan kapal induk berbentuk cerutu, masing-masing lebih panjang dari dua lapangan sepak bola, dan 43 pesawat “scout” kecil. Menurutnya proyek rahasia ini dibentuk dari kontraktor aerospace Black Project Amerika Serikat dengan kontribusi dari Kanada, Inggris, Italia, Austria, Russia dan Australia dan bahwa program ini diuji dan beroperasi dari markas-markas militer rahasia seperti yang terdapat di Area 51, Nevada.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Astronomi, Science, Teknologi, UFO pada tanggal Jul 01, 2016