Fakta Asal Usul Slenderman


slender man and little girl

Slenderman atau Slender Man adalah sebuah makhluk berbadan ramping, tinggi dan digambarkan tidak memiliki wajah dan mengenakan setelan jas. Menurut mitosnya, makhluk ini bisa memanjangkan tangan sesuka hati dan memiliki banyak tentakel yang membantunya menculik banyak anak-anak sekaligus. Dari mana asal makhluk ini ?

Rupanya Slenderman terlahir dari sebuah situs komedi bernama Something Aweful yang berisi blog, forum, artikel, gambar-gambar hasil editing dan berbagai humor media lainnya. Situs ini mulai muncul pada tahun 1999 dan sejak saat itu telah ikut mempengaruhi budaya masyarakat di dunia maya.

Lahirnya Slenderman

Slenderman terlahir pada tanggal 10 Juni 2009 dari sebuah internet meme bertema creepypasta. Slenderman diciptakan oleh seorang bernama Eric Knudsen (“Victor Surge”) untuk diikutkan pada photoshop contest dimana pengguna diberi tantangan untuk mengubah foto sehari-hari menjadi foto dengan nuansa paranormal. Dalam forum tersebut si pencipta mengunggah beberapa foto yang telah diedit dengan ditambahkan karakter slenderman yang digambarkan sedang mengawasi anak-anak.

Cerita mengenai karakter ini biasanya digambarkan sedang mengawasi, menculik dan menteror orang-orang, terutama anak-anak. Sejak kemunculannya, Slenderman diadaptasi dalam berbagai karya fiksi, terutama yang dipublikasikan secara online.

Meskipun Slenderman adalah karakter fiktif, tetapi ada beberapa orang, khususnya anak-anak yang percaya bahwa makhluk ini nyata, sehingga pada tahun 2014 terjadi moral panic dimana karakter fiksi ini ternyata menginspirasi beberapa orang untuk berbuat kriminal, salah satunya adalah penusukan yang hampir menyebabkan kematian oleh seorang gadis berumur 12 tahun di Waukesha, Wisconsin.

Hak Cipta Slenderman

Meskipun kisah-kisah fiktif mengenai Slenderman tersebar di dunia maya, tetapi karakternya itu sendiri tidak berada pada public domain. Beberapa aktifitas yang meraup keuntungan dengan memanfaatkan karakter ini telah mengakui Eric Knudsen sebagai pencipta dan pemegang hak cipta atas Slenderman.

Pada bulan Mei 2016, hak cipta Slenderman dibeli oleh perusahaan perfilman Mythology Entertainment yang berencana untuk membuat film dengan judul Slenderman yang menurut rencana akan tayang tahun 2018.

(Baca : Hak Cipta Slenderman Berpindah Tangan)

Beberapa film yang terinspirasi dari Slenderman :


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Entertainment pada tanggal Mar 17, 2017
Tags :


www.000webhost.com