Fenomena Bulan: Blue Moon


Pernah nonton film Smurf ?

Dalam film itu disebut-sebut tentang blue moon, ya, bulan biru, dimana bulan terlihat sangat biru. Tapi apakah bisa bulan berwarna biru ? Seperti film-film produksi barat lain, ceritanya adalah cerita fiksi, tetapi mereka selalu menyisipkan unsur “fakta” dalam film-film fiksinya.

Ya, fenomena Blue Moon ini benar-benar pernah terjadi, dan salah satunya adalah di Indonesia.

Tenang, blue moon ini bukan terjadi karena sihir oleh bangsa Smurf atau penyihir lain, apalagi tanda kiamat, jadi kalau ada orang lihat bulan berwarna biru dan bilang dunia mau kiamat siram aja mulutnya pake air keras.

Fenomena Blue Moon ini terjadi pada tahun 1883, tepatnya pada saat Krakatau meletus. Sebagian orang yang tinggal di daerah yang terkena hujan abu yang cukup parah dari krakatau ini pasti pernah menyaksikan “blue moon” ini hampir setiap hari bahkan terkadang bulan terlihat hijau. Sebuah fenomena alam yang langka sampai-sampai diabadikan menjadi sebuah nama restoran di Anyer yaitu “Blue Moon Bar and Restaurant”.

Fenomena bulan berwarna biru ini terjadi karena abu yang dimuntahkan oleh krakatau didominasi oleh abu yang berukuran 1 mikron yang tersebar di udara dan atmosfer bumi, sebuah ukuran yang tepat untuk memantulkan spektrum warna merah matahari yang dipantulkan oleh permukaan bulan sehingga hanya warna selain warna merah atau kemerahan yang bisa sampai ke permukaan bumi dan yang paling dominan adalah biru dan hijau.

Apakah mungkin bulan berubah warna lain selain biru ?

Ya, jika partikel-partikel debu yang mendominasi dan menutupi cahaya bulan adalah berukuran kurang dari 1 mikron, maka bulan akan terlihat berwarna merah karena sebagian besar partikel cahaya berwarna selain merah akan dipantulkan oleh partikel-partikel debu ini dan partikel debu berukuran sangat kecil ini umum terdapat di atmosfer kita, itulah mengapa saat bulan terbit atau terbenam pada kondisi langit gelap kita melihat bulan berwarna oranye atau kemerahan. Fenomena ini biasanya disebut dengan “red moon” atau “Blood Moon”

Catatan: Post ini adalah pindahan dari blog lama yang dipublikasikan pada tanggal 12 Desember 2011.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Astronomi pada tanggal Aug 28, 2016


www.000webhost.com