FFTA : Dmg 2: Animal Law


Dmg2: Animal Law adalah sebuah peraturan yang paling menjengkelkan dalam game Final Fantasy Tactics Advanced. Peraturan ini biasanya muncul saat misi atau random encounter dan musuh yang kita hadapi semuanya adalah monster atau hewan sehingga kita tidak bisa melakukan serangan secara langsung berupa apa pun menggunakan menu action baik itu Fight maupun ability kepada musuh kita.

Biasanya peraturan ini berpasangan dengan Status sehingga kita berpikiran untuk tidak melakukan damage, tetapi hanya memberikan status tertentu kepada musuh seperti misalnya poison, sleep, dan lain sebagainya, tetapi bila kita membaca peraturan Dmg2: Animal tertulis bahwa kita tidak boleh melakukan aksi-aksi ofensif terhadap hewan, sementara bila kita melakukan skill atau ability untuk memberikan status pada musuh akan dianggap kita melakukan aksi yang sifatnya ofensif dan akan terkena hukuman.

Cara mengatasi aturan Dmg2: Animal tanpa anti-law card

Tentunya cara yang termudah adalah dengan menggunakan anti-law card Dmg2: Animal atau R6 Antilaw yang sulit didapat secara random dan memiliki harga mahal untuk dibeli di card dealer. Bila kita tidak mempunyai anti-law card ini ada cara lain untuk melawan hewan atau monster di bawah aturan Forbidden: Dmg2: Animal.

Undead juga terhitung sebagai animal

Salah satu hal yang mempersulit dalam game ini adalah bahwa undead, baik itu vampire maupun zombie, juga termasuk dalam kategori animal sehingga bila ada law Dmg 2: Animal tentunya kita juga tidak bisa melakukan berbagai tindakan ofensif kepada mereka. Meskipun demikian bukan berarti kita tidak bisa memberikan damage kepada undead pada battlefield yang dipengaruhi oleh Dmg 2: Animal.

Berbagai healing spell akan memberikan damage kepada undead, karena yang kita gunakan adalah healing maka tindakan ini tidak terhitung sebagai tindakan ofensif meskipun penerima spell ini menerima damage. Bila ada undead pada battlefiled yang memiliki aturan Dmg 2: Animal, manfaatkan ability Control milik Beastmaster untuk mengendalikan hewan-hewan (bukan undead), gunakan hewan tersebut untuk menyerang undead hingga menerima kartu merah dan terusir dari permainan. Biasanya undead memiliki darah yang tebal terutama vampire dan mereka bisa bangkit lagi, jadi kemunginan besar hewan yang digunakan untuk menyerang akan menerima kartu merah sebelum undead tersebut mati.

Setelah semua hewan terusir dari permainan karena kartu merah, kita bisa menggunakan healing spell untuk membunuh para undead yang tersisa untuk memenangkan permainan.

Berbagai Counter Reaction Ability

Gunakan karakter-karakter yang memiliki kemampuan untuk melakukan counter (Reaction Ability) yang akan membalas serangan musuh, karena counter ini sifatnya adalah sebagai pertahanan diri maka tidak terhitung sebagai aksi ofensif.

Counter ability bisa dimiliki oleh Thief atau Monk yang memakai Brigandine Armor.

Fighter dan Gladiator juga bisa memiliki skill seperti counter yaitu Strikeback dengan memakai Wygar Armor hanya bedanya skill ini hanya bisa meng-counter serangan biasa (non ability) dan tidak hanya melakukan counter tetapi juga menahan serangan sehingga tidak ada damage.

Fighter juga punya Reaction Ability Bonecrusher yang juga merupakan counter ability, berbeda dengan Strikeback, Bonecrusher hanya akan berlaku bila karakter terkena damage. Damage dari counter adalah 1.5x damage yang diterima.

Menggunakan karakter yang memiliki counter ability di atas yang perlu kita lakukan hanya berdiam diri dan membiarkan musuh menyerang kita dari jarak dekat. Tentunya hal ini akan memakan waktu cukup lama.

Control

Gunakan job Beastmaster yang sudah mempelajari untuk mengendalikan berbagai macam monster, control ability bukan termasuk aksi ofensif. kendalikan salah satu monster (atau lebih bila mengunakan lebih dari satu Beastmaster) gunakan untuk menyerang monster lain, monster yang kita kendalikan akan menerima kartu kuning, lakukan terus sampai hampir semua monster terkena kartu merah dan keluar dari permainan. Ketika tersisa satu monster gunakan Control untuk menyerang karakter yang memiliki Counter ability.

Jangan lupa untuk selalu membawa karakter yang bisa menggunakan white magic untuk menyembuhkan karakter yang melakukan counter.

Friend

Friend adalah sebuah A-ability yang dimiliki oleh Animist dimana pada keterangannya tertulis : “Summons random creature from the spirit world.” yang dilakukan oleh skill ini hanya memanggil makhluk dari dunia lain, sama seperti summoner, bedanya makhluk yang dipanggil adalah random, menggunakan skill ini pada monster / hewan tidak akan terpengaruh oleh Dmg2: Animal law karena tidak melakukan serangan, hanya memanggil, bila yang dipanggil adalah summon ofensif (misalnya Ifrit) tetap tidak terkena hukuman, tetapi karena sifatnya random bisa jadi kita melakuan heal atau memberi efek positif (buff) pada musuh, jadi skill ini bukan pilihan yang tepat untuk mengatasi Dmg2: animal.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Games pada tanggal Dec 09, 2015
Tags : ,


www.000webhost.com