Gagasan Full Day School Datang Dari Mana ?


Beberapa waktu lalu dunia pendidikan di Indonesia digegerkan dengan gagasan mengenai full day school yang menurut Mendikbud Muhadjir Effendy ide tersebut didapatkan dari Finlandia yang menurut beliau telah sukses menerapkan sistem pendidikan ini, benarkah demikian ?

Menurut salah satu portal berita berikut adalah pernyataan Mendikbud Muhadjir Effendy seperti yang dikutip dari Tempo.co
“Menurut beliau salah satu negara yang sukses menerapkan konsep full day school adalah Finlandia”
Ditambahkan lagi
“…sistem pendidikan di Finlandia berhasil menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Bahkan, kata dia, Finlandia berhasil membangun pendidikan karakter.”

Benarkah Finlandia menerapkan konsep “full day school” ?

full day school, yakin ?
Ternyata tidak.
Konsep pendidikan di Finlandia adalah “Less is More”. Jam belajar-mengajar di sekolah di Finlandia hanya 5 jam per hari dan sangat sedikit sekali mendapatkan pekerjaan rumah, dimana rata-rata waktu yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tidak lebih dari 1 jam per hari.

Hal ini dilakukan supaya mereka (para siswa) memiliki lebih banyak waktu luang di luar sekolah untuk teman, keluarga dan hal-hal lain yang lebih menarik bagi mereka setelah jam sekolah. Di sinilah pendidikan karakter akan berjalan dengan sendirinya di tengah masyarakat.

Anak-anak di Finlandia baru bersekolah saat berumur 7 tahun dengan pra-sekolah berdasarkan konsep “bermain”. Anak-anak di Finlandia memiliki waktu bermain yang lebih banyak daripada anak-anak di negara lain. Para guru memberikan waktu istirahat selama 15 menit setiap kali mata pelajaran usai dan para siswa di Finlandia selalu dianjurkan untuk bermain di luar ruangan.

Selengkapnya mengenai sistem sekolah di Finlandia bisa dibaca di sini :
Finland’s A+ Schools

Nah apabila menurut Menteri Muhadjir sistem full day school ini dia dapat dari Finlandia, maka jelas ada hal yang aneh di sini.
Sistem full day school dia dapat dari mana ?
Kenapa menyebut-nyebut Finlandia yang jelas-jelas konsep pendidikannya jauh berbeda dengan konsep full day school yang dia bicarakan ?


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Komentar & Opini, Publik pada tanggal Aug 10, 2016