Gerhana “Super Moon” Total 2015


Bulan ini ada sebuah event astronomi yang spesial, sebuah gerhana bulan total yang berbeda dari biasanya yaitu “Super Moon Total Eclipse”. Gerhana bulan total ini terjadi saat bulan purnama berada pada orbit terdekatnya dengan bumi, peristiwa langka ini hanya terjadi lima kali dalam seratus tahun.

Super Moon

Super moon adalah bulan purnama yang terjadi saat bulan berada pada orbit terdekatnya dengan bumi, pada saat ini bulan purnama tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang daripada saat bulan berada pada orbit terjauhnya dari bumi yang sering disebut sebagai “minimoon”.

Gerhana “Super Moon” Total

Gerhana super moon total atau super moon total lunar eclipse adalah sebuah kejadian langka dimana bulan akan tampak lebih besar dan berwarna kemerahan saat tertutup bayang-bayang bumi, peristiwa ini hanya terjadi 5 kali dalam 100 tahun.

Gerhana Super Moon Total abad lalu pernah terjadi pada tahun 1910, 1928, 1946, 1964 dan yang terakhir pada tahun 1982, berbeda dengan gerhana bulan total biasa yang terjadi kira-kira 2,5 tahun sekali.

Setelah tahun ini, Gerhana Super Moon Total ini akan terjadi kembali pada tahun 2033, saat itu dari Indonesia akan ada dua gerhana bulan total dalam satu tahun dan salah satunya adalah gerhana bulan total super moon.

Apakah super moon total lunar eclipse tahun 2015 bisa dilihat dari Indonesia ?

Sayangnya untuk peristiwa Gerhana Super Moon Total pada tahun 2015 ini tidak bisa dinikmati oleh kita di Indonesia, gerhana ini hanya bisa dinikmati oleh mereka di Amerika Utara dan Selatan, Asia bagian Barat, Eropa dan sekitar Laut Pasifik bagian Timur.

Gambar 2 peristiwa gerhana super moon total yang terlihat di Indonesia

Dalam sejarahnya, Indonesia pernah mengalami peristiwa ini yaitu pada tahun 1982 tepatnya pada tanggal 10 Januari 1982 dengan puncak total sekitar pukul 02:53 WIB (Gambar di atas menggunakan standart UT atau Universal Time). Pada tahun 2033 nanti akan ada dua gerhana bulan total di Indonesia yaitu pada tanggal 14 April 2033 dan 8 Oktober 2033, gerhana bulan total kedua pada tahun tersebut adalah Gerhana Super Moon Total yang akan bisa dinikmati oleh kita yang ada di Indonesia (menurut lokasi observasi Surabaya, Jawa Timur) dimana bulan akan terbit dengan kondisi sudah gerhana total dan pada puncaknya bulan akan berada pada jarak sekitar 355000 Km dari Bumi. (Gambar di atas)


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Science pada tanggal Sep 03, 2015
Tags : , ,


www.000webhost.com