Google AMP Dan Mobile SEO


amp speed

Google AMP ( Accelerated Mobile Pages ) adalah sebuah proyek open-source yang diciptakan untuk membuat sebuah halaman website atau blog lebih cepat dan ringan bila di buka melalui mobile device baik itu smartphone maupun tablet. Bila kita menggunakan koneksi internet yang lambat atau kuota internet yang terbatas keberadaan AMP ini bisa membantu kita untuk memuat sebuah halaman website dengan lebih cepat dan lebih hemat kuota.

Dalam penggunaannya halaman website AMP tidak akan memuat media (misalnya gambar) bila media tersebut belum tampak di layar atau di bawah batas layar sehingga memerlukan scrolling untuk menampilkan (under the fold). AMP page juga akan memprioritaskan penampilan teks yang akan membuat konten halaman website dengan AMP lebih cepat dimuat dan dibaca pengguna.

Saat ini bagi semua pemilik website maupun blog sangat disarankan untuk memiliki konten AMP terutama karena Google akan memisahkan antara traffic desktop dan traffic mobile, dimana bila pengguna internet mencari konten atau artikel melalui mobile device maka Google hanya akan menampilkan konten yang memiliki template yang mobile friendly baik itu yang responsif maupun stripped-down termasuk AMP.

Syarat utama template mobile friendly adalah konten dari halaman website atau blog tersebut tidak lebih besar dari lebar layar mobile device sehingga tidak ada horizontal scroll bar maupun horizontal scrolling.

Dengan penerapan mobile friendliness sebagai salah satu syarat dalam SEO, maka kedepannya SEO terbagi menjadi dua yaitu desktop SEO dan mobile SEO dimana diperkirakan mobile SEO akan menjadi penyumbang organic traffic (traffic yang datang dari mesin pencari) terbesar bagi sebuah website.

Beberapa pemilik website yang sudah mengimplementasikan AMP merasakan manfaatnya yaitu berupa kenaikan jumlah unique visitor dari kategori mobile traffic mulai dari 40% hingga 60%. AMP juga membantu website untuk mengurangi bounce rate yang disebabkan karena halaman website yang dimuat terlalu lama sehingga calon pembaca lebih memilih situs lain yang cepat dimuat sehingga lebih cepat mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Bagi pengguna WordPress yang menggunakan fasilitas dari wordpress.com bisa dengan mudah menambahkan fitur AMP ke dalam website mereka melalui Setting > General, sementara bagi pengguna CMS WordPress anda cukup menginstall AMP plugin resmi dari Automattic (Developer WordPress) kemudian mengaktifkannya dan tampilan bisa disesuaikan melalui menu Appearance di bagian sidebar konsol wordpress.

AMP tidak hanya untuk artikel dan gambar saja, tetapi juga bisa untuk audio dan video sehingga website kita bisa lebih kaya konten dan bisa diakses dengan cepat dan mudah melalui mobile device.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai AMP ini atau bila ingin menerapkan AMP pada website, bisa mengunjungi situs resmi AMP Project di ampproject.org


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging, Internet, SEO, Website pada tanggal Nov 03, 2016
Tags : , ,


www.000webhost.com