Google Mematikan Page Rank Data


Pada tanggal 15 April 2016 Google mematikan Google Toolbar PageRank Data, proses ini sebenarnya sudah dimulai perlahan sejak tahun 2009. Google PageRank data terakhir kali diupdate pada bulan November 2013 dan pada bulan Oktober 2014, MattCutts mengumumkan bahwa PageRank Data tidak akan lagi di update.

Mengapa Google mematikan PageRank ?

PageRank adalah satu-satunya indikator dengan “nilai” atau angka yang tampak oleh para pemilik website dimana indikator ini sebenarnya menentukan frekuensi crawling bot milik Google untuk mengindex halaman website dan seberapa dalam bot tersebut menelusuri link dalam halaman tersebut.

Banyak praktisi SEO yang salah menterjemahkan PageRank dan beranggapan bahwa PageRank adalah salah satu hal yang utama dalam SEO, padahal sebenarnya tidak dan PageRank sendiri sangat sangat kecil pengaruhnya terhadap hasil pencarian dalam SERP (Search Engine Result Page).

Adanya PageRank juga membuat para praktisi berlomba-lomba untuk mendapatkan backlink dengan berbagai macam cara mulai dengan spamming dan meninggalkan komentar asal-asalan pada sekian ratus blog hingga spamming menggunakan email. Bahkan ada beberapa yang melakukan aktifitas jual-beli backlink dengan menawarkan PageRank tinggi yang sebenarnya tidak berpengaruh dalam SEO.

Fokus terhadap PageRank berarti kita fokus pada hal yang salah dalam SEO. Page Rank tidak akan mempengaruhi posisi ranking website kita dalam SERP. Banyak kasus website atau blog yang tidak memiliki PageRank memiliki posisi yang lebih tinggi daripada website atau blog yang memiliki PageRank tinggi.

PageRank hanya berpengaruh pada :

Perlu diketahui bahwa sebenarnya tidak perlu PageRank supaya website atau blog kita bisa terindex dengan cepat. Google memiliki fitur Fetch as Google dalam webmaster tools nya, dengan fitur ini website kita akan terindex hanya dalam hitungan jam bahkan menit.

Penyakit dalam SEO : Backlink Obsession

Backlink obsession adalah sebuah penyakit dimana dalam mempraktekkan SEO, orang tersebut berusaha untuk mendapatkan backlink sebanyak mungkin untuk menaikkan PageRank setinggi mungkin, sehingga meluangkan terlalu banyak waktu untuk membangun backlink dan meningkatkan PageRank yang hampir tidak ada pengaruhnya dalam SEO, serta tidak melakukan hal-hal lain yang jauh lebih penting untuk meningkatkan performa halaman website pada SERP dan untuk mendapatkan traffic secara optimal dari search engine.

SEO (Search Engine Optimization) adalah metode yang digunakan untuk mengoptimalkan website atau blog untuk bisa mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, bukan dari link yang tertulis dari website lain maupun iklan, sehingga pemilik website bisa mendapatkan traffic tanpa perlu bersusah payah mengiklankan websitenya. Karena itu percuma bila website kita muncul di halaman pertama mesin pencari tetapi tidak mendapat kunjungan, dimana kondisi ini akan menurunkan posisi kita dalam SERP (Search Engine Result Page) karena dianggap website kita tidak memiliki informasi yang relevan dan dibutuhkan oleh pengguna. Google menyediakan SEO untuk bisa menyediakan konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Bukan asal ada keyword kemudian website tersebut ditunjukkan pada pengguna.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori SEO pada tanggal Aug 26, 2016
Tags : ,


www.000webhost.com