Gunakan Obat Nyamuk Semprot Dengan Aman


Obat nyamuk semprot aman bila digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kaleng, tetapi bila digunakan secara sembarangan bisa berbahaya. Tidak hanya bagi manusia, tetapi juga bagi lingkungan dan hewan peliharaan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai obat nyamuk semprot dan penggunaannya.

Bahan aktif yang umum terdapat pada obat nyamuk semprot

Di bawah ini adalah beberapa bahan aktif yang berfungsi sebagai insektisida pada salah satu merk obat nyamuk semprot.



“Bila nyamuk menempel pada pakaian atau permukaan yang telah disemprot menggunakan obat nyamuk, nyamuk akan menghirup insektisida yang menempel.”

Dengan bahan-bahan aktif di atas kita bisa melihat bahwa bahan-bahan insektisida dalam obat nyamuk semprot “cukup” aman bagi manusia, tentunya bila digunakan sesuai dengan petunjuk.

Pastikan ruangan yang anda semprot bebas dari hewan piaraan terutama kucing karena kucing tidak memiliki sistem kekebalan tubuh terhadap zat-zat di atas. Juga jangan disemprotkan di dekat akuarium bila anda memelihara ikan dalam akuarium di dalam kamar. Hal ini sebagai tindakan prefentif karena dalam obat nyamuk semprot terdapat zat yang beracun bagi ikan.

Setelah melakukan penyemprotan di sudut-sudut ruangan pastikan untuk meninggalkan ruangan antara 10 hingga 15 menit supaya kandungan insektisida yang masih tersebar di dalam ruangan dalam bentuk aerosol (dalam satuan AE pada kaleng) tidak terlalu banyak terhirup.

Bila terjadi keracunan terhadap salah satu zat kimia pada obat nyamuk semprot ini, bisa dilakukan perawatan secara simtomatik.

Maksud dari perawatan secara simtomatik adalah perawatan yang dilakukan kepada penderita sesuai dengan gejala yang dialami apakah itu pusing, mual atau sesak napas, yang merupakan gejala umum bila seseorang mengalami keracunan karena menghirup atau terpapar aerosol pada obat nyamuk semprot.

Dengan mengetahui sifat-sifat bahan aktif yang terdapat dalam obat nyamuk semprot diharapkan anda bisa menggunakan obat nyamuk semprot dengan penggunaan yang aman supaya tidak menjadi racun bagi diri sendiri, hewan piaraan dan lingkungan.

Artikel terkait :
Angstrom Exponent Dan AE Pada Pestisida Semprot


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Kesehatan pada tanggal Jan 24, 2017
Tags :