Hati-hati Dengan Iklan Ini Di Internet


Iklan adalah sebuah sarana yang bisa digunakan oleh siapa pun untuk mempromosikan bisnis atau produk di berbagai macam media. Dalam dunia internet, media iklan ini muncul dalam berbagai format, tetapi beberapa dari iklan yang muncul di Internet bertujuan untuk hal-hal yang negatif, seperti menyebarkan virus hingga mencuri data pribadi pengguna.

Hindari berinteraksi dengan iklan, terutama yang memberi peringatan tertentu

Terkadang ketika kita membuka sebuah website, tiba-tiba kita akan diarahkan menuju halaman lain yang menyatakan bahwa perangkat yang anda gunakan sedang terserang oleh virus, dan anda diminta untuk mengunduh dan menginstall software atau aplikasi untuk menangkalnya.

Jangan dilakukan !!!

Iklan tersebut sebenarnya hanya menggunakan script untuk mendeteksi perangkat dan koneksi internet anda saja dan sebenarnya tidak ada virus atau malware yang sedang bersarang di perangkat anda.

Sebagian orang yang panik dan terpancing oleh peringatan palsu ini akan mengikuti anjuran pada iklan dan akan diarahkan untuk menginstall aplikasi, yang dianggap sebagai antivirus atau anti-malware dari pihak ketiga dimana sebenarnya aplikasi yang dimaksud dalam iklan itulah yang sebenarnya mengandung virus / malware yang kemudian menginfeksi perangkat anda setelah diinstall dan dijalankan. Beberapa menit kemudian, oknum pembuat iklan tersebut akan mendapatkan data-data pribadi anda untuk membobol akun-akun anda (akun apa pun itu).

Jadi, apa yang perlu kita lakukan bila muncul peringatan di layar browser bahwa ada virus / malware pada perangkat saya ?

Jangan melakukan apa pun, peringatan itu bersifat fiktif dan hanya menggunakan script untuk mendeteksi jenis perangkat dan koneksi anda saja. Tidak ada virus / malware pada perangkat anda. Bila anda mengikuti anjuran pada peringatan / iklan tersebut, justru perangkat anda akan benar-benar terinveksi oleh malware.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Website pada tanggal Jan 30, 2018
Tags : , ,