Indexing Oleh Mesin Pencari


Banner SEO

Bagi kita yang memiliki sebuah website atau blog (untuk kemudian disebut sebagai weblog) terutama yang memonetasi weblognya dan menjalankan SEO tentunya kita ingin website atau blog kita cepat terindex oleh mesin pencari (misalnya Google). Berikut akan saya jelaskan cara terbaik untuk membuat weblog kita lebih cepat terindex oleh Google.

Fasilitas Indexing Manual Pada Google Webmaster Tools

Bila kita menggunakan Google Webmaster Tools dalam pengembangan SEO bagi website atau blog kita, di sana terdapat sebuah sub-menu yang bertuliskan “Fetch as google”, fasilitas ini digunakan untuk mengirimkan situs kita atau salah satu halaman pada weblog kita (misalnya hanya satu blog post saja) untuk diindex oleh mesin pencari Google.
Meskipun demikian kita tidak bisa menggunakan fasilitas ini terlalu sering, berikut adalah batasan penggunaan “Fetch as Google” :

  1. Fetching hanya satu halaman website atau blog post

    Untuk mengirimkan satu halaman saja untuk diindex oleh google, kita diberi batasan yaitu hanya boleh mengirimkan 500 link per bulan.

  2. Fetching seluruh website

    Untuk mengirimkan seluruh isi website kepada google untuk diindex bisa kita lakukan dengan hanya mengirimkan alamat domain utama weblog kita dan tidak perlu mengisi form halaman untuk diindex. Bila kita memilih untuk mengirimkan seluruh isi website untuk diindex oleh Google batasannya hanya 10 kali per bulan.

Pembatasan di atas dilakukan untuk mengurangi spamming oleh pemilik weblog.

Berapa lama proses index mesin pencari Google ?

Bila indexing dilakukan secara otomatis (website sudah terdaftar dalam directory google untuk diindex dan pemilik weblog hanya membuat artikel saja) proses indexing akan dipengaruhi oleh Page Rank dimana weblog dengan Page Rank tinggi (misalnya 8) akan terindex relatif lebih cepat daripada weblog dengan Page Rank rendah (misalnya 2).
Weblog saya yang lama memiliki Page Rank 2 dan rata-rata memerlukan waktu sekitar 2 minggu untuk terindex oleh Google secara otomatis.
Bila proses indexing dilakukan secara manual dengan menggunakan fasilitas “Fetch as google” indexing bisa selesai hanya dalam waktu 1 – 2 hari, tergantung dari banyaknya antrian yang diterima Google, proses indexing bisa selesai dalam hitungan jam bahkan menit.

Apakah dengan cepat terindex Google website atau blog saya akan berada pada posisi teratas ?

Bayangkan kondisi seperti ini ..
Misalnya anda memiliki weblog dengan Page Rank 8 sehingga cepat terindex oleh Google sedangkan pesaing anda tidak memiliki Page Rank sama sekali atau Page Rank 0.
Hanya dalam waktu 1 minggu weblog anda sudah terindex dan muncul pada halaman pertama Google dan berada pada posisi kedua misalnya, sementara weblog pesaing anda memerlukan waktu 1 bulan untuk terindex sehingga belum muncul dalam hasil pencarian (untuk keyword yang sama).
Tetapi …
weblog pesaing anda memiliki artikel yang lebih lengkap dan isinya lebih informatif daripada weblog yang anda miliki dan 1 bulan kemudian weblog pesaing anda yang memiliki Page Rank 0 juga muncul dalam hasil pencarian Google bahkan menempati posisi teratas dan posisi weblog anda dalam hasil pencarian itu tergeser ke posisi ketiga.
Di sini bisa kita lihat bahwa cepat atau tidaknya sebuah weblog terindex oleh mesin pencari (termasuk tinggi atau rendahnya Page Rank yang dimiliki weblog tersebut) bukan berarti weblog itu akan menempati posisi tertinggi dalam hasil pencarian google, karena itulah Page Rank memiliki pengaruh yang kecil sekali dalam SEO.

Tidak hanya Google, Yahoo dan Bing juga punya fasilitas untuk indexing secara manual (menggunakan Bing webmaster tool) dan disarankan untuk juga men-submit weblog anda ke directory Bing untuk diindex oleh kedua mesin pencari ini.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging, SEO pada tanggal Sep 21, 2015
Tags : , ,