Information Blind Spot, Menciptakan HOAX Dari Sebuah Fakta


Information blind spot adalah sebuah kondisi dimana informasi tersebut bisa meyakinkan banyak orang hanya karena pemberi informasi berada di tempat kejadian, sementara penerima informasi tidak berada di tempat kejadian. Kondisi ini membuat penerima informasi mempercayai informasi yang diterima sebagai sebuah fakta tanpa mengetahui apakah informasi tersebut sesuai dengan kenyataan atau tidak.

Contoh :

Saya sedang berada di sebuah lokasi kejadian sebuah peristiwa, apa pun itu, setelah menyaksikan peristiwa tersebut dengan mata kepala saya sendiri, kemudian saya membagikan informasi ini kepada orang-orang yang tidak menyaksikan peristiwa tersebut.

Dalam penyampaian informasinya, saya mengubah informasi yang terjadi menjadi seperti yang saya inginkan dan tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi, dengan adanya pengubahan dan penambahan cerita rekaan yang disisipkan dalam cerita tersebut. Terkadang saya menggunakan foto yang diambil di tempat kejadian sebagai bukti bahwa saya sedang berada di sana ketika peristiwa itu terjadi. Tentunya, foto yang saya tampilkan adalah sebuah foto yang bisa mendukung cerita “versi saya”.

Dengan melihat foto dan menerima fakta bahwa saya berada di lokasi kejadian, maka para penerima informasi akan percaya bahwa cerita atau informasi yang saya sampaikan adalah informasi yang akurat dan sebenar-benarnya, meskipun mereka sebenarnya tidak tahu kenyataan yang terjadi di lapangan.

Dengan demikian informasi yang diterima adalah informasi HOAX yang diterima sebagai sebuah fakta hanya dengan modal yang begitu minim, yaitu :

Perlu diketahui bahwa hanya dengan dua hal pendukung di atas, sebuah informasi tidak bisa dikatakan sebagai sebuah informasi yang faktual. Pemberi informasi yang menyebarkan informasi tersebut bisa saja mengubah kondisi cerita, terutama untuk kepentingan tertentu baik itu pribadi maupun golongan atau kelompok.

Pada masa lalu, ketika teknologi masih belum berkembang seperti saat ini, information blind spot sangat rawan terjadi karena informasi hanya di sebarkan secara lisan atau tulisan, termasuk gambar. Sehingga berbagai dokumen yang berumur sangat tua sulit dibuktikan faktanya, kecuali hal-hal yang bersifat historis dengan banyak saksi mata dan pihak yang terlibat dimana mereka memberikan testimoni masing-masing, dari dua belah pihak, dan bisa dipastikan relevansinya antara satu dengan yang lain secara kronologis.

Saat ini, beberapa hal yang bisa membantu mengatasi information blind spot yang berpotensi menjadi sebuah HOAX adalah :

  1. Peran serta saksi mata lain yang tidak memiliki hubungan tertentu dengan nara sumber dalam menceritakan sebuah peristiwa. Sehingga bisa diuji relevansi cerita antara saksi mata satu dan lainnya.
  2. Teknologi CCTV. Keberadaan teknologi ini membantu mengetahui kondisi sebenarnya saat kejadian yang bisa digunakan sebagai referensi sebuah informasi. Ada baiknya CCTV dipasang di tempat-tempat dimana banyak terjadi aktifitas non-private terutama di luar ruangan.
  3. Dokumentasi pribadi. Saat ini perangkat mobile terutama smartphone dilengkapi dengan kamera. Ini bisa dimanfaatkan untuk mengambil gambar, baik foto maupun video, saat peristiwa berlangsung atau terjadi. Kamera-kamera saku (spy-cam) dan action cam yang saat ini mudah didapat pun juga bisa digunakan. Rekaman-rekaman dari beberapa sumber nantinya bisa digunakan untuk mem-validasi sebuah informasi mengenai sebuah peristiwa.

Bila anda menggunakan internet sebagai sumber infomasi, pastikan anda tidak hanya menerima informasi dari satu sumber saja, tetapi juga terima informasi dari sumber lain yang tidak memiliki hubungan satu sama lain, sehingga informasi tersebut bisa didapatkan dari berbagai sudut pandang.


Menerima sebuah informasi hanya dari SATU sudut pandang saja tidak bisa membuat anda terhindar dari informasi HOAX.


Bila sumber itu berafiliasi dengan kelompok atau golongan tertentu, termasuk sumber yang berafiliasi dengan Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan (SARA), bukan berarti sumber informasi itu bebas dari HOAX. Pastikan informasi yang anda dapatkan berasal dari sumber yang NETRAL, atau gunakan lebih dari satu sumber dengan sudut pandang yang berbeda.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Komentar & Opini, Publik pada tanggal Dec 27, 2016
Tags : , ,


www.000webhost.com