Instant Messenger Terbaik Untuk Voice Call ?


Saat ini banyak sekali instant messenger bermunculan dan menawarkan konsep, fasilitas dan kelebihannya masing-masing, tetapi salah satu fungsi utama dari aplikasi instant messenger tersebut adalah sebagai sarana komunikasi baik itu berupa teks maupun suara. Instant messenger apa saja yang terbaik untuk melakukan voice call atau telepon suara non-video ?

Diantara sekian banyak penyedia layanan komunikasi yang dikhususkan untuk voice call, ternyata beberapa aplikasi instant messenger justru menawarkan fasilitas ini dengan lebih baik dan lebih menghemat kuota.

Sebuah uji coba yang dilakukan oleh sebuah media bernama Android Authority ternyata mendapatkan hasil yang mengejutkan, beberapa media komunikasi yang memiliki fungsi utama untuk voice call justru mengabiskan lebih banyak bandwidth. Berikut adalah beberapa aplikasi populer yang memiliki fasilitas voice call beserta penggunaan datanya :

1. Kakao Talk

KakaoTalk (KaTalk) adalah sebuah aplikasi instant messenger asal Korea Selatan dan hingga saat ini masih merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di sana dimana sekitar 93% penduduk Korea Selatan menggunakan aplikasi ini.

Hasil uji coba yang dilakukan terhadap aplikasi ini untuk melakukan voice call selama 1 menit *) membuat KakaoTalk berada pada posisi teratas sebagai aplikasi yang terhemat untuk voice call dengan total penggunaan data hanya sekitar 318.3 Kb. Dengan kata lain aplikasi ini hanya memerlukan data sekitar 5 Kb/s (40 kbps).

KakaoTalk juga merupakan aplikasi instant messenger pertama yang menerima sertifikasi ISO 27001.

2. Facebook Messenger

Kaget melihat Facebook Messenger berada pada posisi kedua ? ya, aplikasi ini ternyata hanya memerlukan data sekitar 333.3 Kb untuk melakukan voice call non-stop selama satu menit atau hanya memerlukan penggunaan data atau kecepatan koneksi sekitar 5.56 Kb/s (44.44 kbps) saja. Hal ini membuat Aplikasi Facebook Messenger lebih populer sebagai sarana untuk berkomunikasi di banyak belahan dunia.

3. Nimbuzz

Nimbuzz adalah sebuah aplikasi yang dulunya populer sebagai aplikasi instant messenger cross platform dan cross-IM dimana kita bisa terhubung dengan instant messenger lain melalui satu aplikasi ini. Siapa sangka ternyata aplikasi buatan Belanda ini berada pada urutan ketiga aplikasi paling hemat untuk voice call.

Hasil percobaan menunjukkan aplikasi ini memerlukan data sekitar 366.7 Kb untuk berkomunikasi dengan voice call selama satu menit penuh, dengan kata lain aplikasi ini hanya membutuhkan data sebanyak 6.1 Kb/s (48.9 kbps) saja. Nimbuzz sendiri baru memasuki pasar VoIP sejak Januari 2007.

4. LINE

Nah, ini dia salah satu aplikasi instant messenger faforit di Indonesia, dengan konsep sosial media dan beragam sticker lucu, aplikasi ini berhasil menarik hati para pengguna instant messenger di Indonesia bahkan menggeser aplikasi terpopuler Korea Selatan KakaoTalk di pasar Indonesia.

Untuk penggunaan voice call, LINE hanya memerlukan data sebanyak 374.8 Kb per menit, atau hanya sekitar 6.25 Kb/s (50kbps) saja. Bersama dengan ketiga instang messenger di atas, LINE termasuk dalam salah satu jajaran aplikasi instant messenger yang bisa digunakan untuk voice call menggunakan jaringan 2G dan 3G dengan lancar.

Selain keempat aplikasi di atas, beberapa aplikasi populer di Indonesia lain yang bisa digunakan untuk melakukan voice call adalah :

*) Catatan : Uji coba dilakukan dengan melakukan voice call selama 1 menit dan mengukur penggunaan data. Dalam uji coba kedua pengguna saling berkirim-terima suara masing-masing selama 30 detik secara non stop untuk mensimulasikan penggunaan data secara maksimum.

**) Komunikasi voice call akan lancar dengan kondisi koneksi internet yang optimal dan tidak terjadi gangguan baik itu secara teknis dari pusat data maupun kurang atau tidak adanya sinyal.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Gadget, Teknologi pada tanggal Oct 01, 2016
Tags : ,