Kereta Api Untuk Orang Mati, London 1854 – 1941


Ini bukan cerita horor atau cerita hantu, tetapi sebuah sejarah nyata dimana pada tahun 1854 hingga tahun 1941 salah satu perusahaan kereta api di London khusus melayani perjalanan untuk orang mati termasuk para pelayatnya. Pada masa jayanya perusahaan kereta api ini mengangkut hingga 2000 mayat per tahun.

London Necropolis Railway membawa orang mati dan kerabat atau relasi yang menemaninya menuju pemakaman sejauh 37 kilometer yang ditempuh dalam waktu 40 menit. Setelah berangkat dari sebuah stasiun kereta api khusus di dekat Waterloo yang dibangun khusus untuk perjalanan tersebut, kereta api tersebut akan berjalan melintasi sebuah pedesaan dengan pemandangan yang indah untuk memberikan penghiburan bagi mereka.

London Necropolis Railway, North Station, 1907.

Public Domain

Setelah tiba di Pemakaman Brookwood di Surrey yang saat itu adalah pemakaman terbesar di dunia dan dibangun bekerjasama dengan perusahaan perkeretaapian, kerabat dan relasi akan mulai melakukan prosesi pemakaman dan kemudian minum dan makan di salah satu dari dua stasiun kereta api dimana biasanya ruang khusus untuk makan dan minum ini dikelola oleh para istri staf stasiun kereta api. Ruangan ini mendapat ijin penuh sehingga para tamu bisa mendapatkan minuman beralkohol sebagai alternatif teh atau kopi. Setelah makan dan minum bersama, mungkin sambil mengenang masa lalu, mereka kembali ke London.

Aktifitas ini kemudian dihentikan dengan alasan bahwa kereta api berjalan terlalu cepat dan bising sehingga tidak mencerminkan ketenangan, dimana mereka percaya bahwa kehidupan setelah kematian adalah kehidupan yang tenang dan damai. Selain dari segi rohani juga ada alasan dari segi kesehatan yaitu selain karena bau yang tidak sedap juga adanya kemungkinan penularan penyakit tertentu yang mungkin di derita oleh mayat sebelum dia meninggal atau penyakit karena proses pembusukan yang sedang terjadi.

Pada bulan April 1941 ketika Perang Dunia II, tempat penyimpanan kereta pemakaman mengalami kerusakan karena pengeboman roket V-2 oleh Jerman. Sejak saat itu Brookwood tidak lagi melayani sebagai titik pemberangkatan bagi mayat dan pelayatnya, tetapi sisa-sisa dari stasiun ini masih ada.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Dunia pada tanggal Nov 01, 2016
Tags : , ,


www.000webhost.com