Koneksi Lytogame Lesu


Bagi para penggemar game online pasti mengenal nama “Lyto”, sebuah penyedia layanan game online yang berdiri pada tahun 2003, menyediakan beberapa game online yang sebagian besar berasal dari Korea. Akhir-akhir ini ada sedikit permasalahan pada server Lytogame, dari salah satu game online miliknya yang saya coba yaitu RF online, semua pemain merasakan permasalahan yang sama yaitu “lagging game”.

Ketika saya mencoba game ini, ternyata benar bahwa lag adalah permasalahan mendasar dari game ini, sebagus apa-pun koneksinya setiap kita terhubung ke dalam game, lag bisa dipastikan terjadi hampir setiap waktu dan terjadi setiap hari.

Ping test
Saya melakukan ping test saat sebelum dan sesudah terhubung ke dalam game.
Sebelum terhubung ke dalam game ping tampak lancar dan tidak ada permasalahan, menunjukkan bahwa kondisi koneksi dari komputer kita ke server berjalan lancar dan normal (gambar di bawah ini).

Akan tetapi permasalahan timbul setelah saya mulai terhubung ke dalam game, kondisi ping langsung berubah total menjadi tidak stabil mulai dari ping melambat hingga di atas 300ms bahkan hingga ada permintaan data yang tidak terpenuhi yang dikenal dengan RTO atau Request Timed Out (gambar di bawah ini).

Karena kualitas transfer data yang buruk, dan juga beredarnya cheat engine yang bisa tidak terdeteksi oleh Delphine system, membuat game ini relatif sepi ditambah dengan pemberitahuan bahwa RF online akan muncul di Steam memunculkan sebuah rumor yang menyatakan bahwa RF Indo akan ditutup sehingga kurang mendapat perhatian serius dari pihak Lytogame karena para gamers tentunya ingin “mencicipi” bermain game online dengan skala global menggunakan layanan game online yang sudah mendunia.

Hingga saat ini maintenance yang dilakukan oleh Lytogame hanya sebatas untuk banning karakter-karakter yang kedapatan berbuat curang (menggunakan cheat engine) serta lebih kepada event-event tertentu tetapi belum ada solusi mengenai masalah transfer data yang lambat antara client dan server.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Games pada tanggal Sep 23, 2015
Tags : ,