Kota Bawah Tanah Derinkuyu


Di suatu daerah di tengah Turki terdapat sebuah daerah yang bernama Cappadocia. Di daerah ini angin dan air mengukir bentuk-bentuk aneh pada bebatuan vulkanik yang lunak. Batu-batuan ini oleh penduduk kuno diubah menjadi tempat tinggal, tetapi saat ini sebagian besar tempatnya sudah direnovasi dan dibangun menjadi lebih modern.

Pada tahun 1963 sebuah renovasi rumah menjadi peristiwa penemuan yang luar biasa. Sebuah dinding gua terbuka dan di dalamnya terdapat sebuah jalan menuju kota bawah tanah berumur ribuan tahun dengan kedalaman lebih dari 280 kaki. Luarbiasanya adalah jumlah ruangan yang ada dalam kota bawah tanah itu cukup untuk menampung lebih dari 20.000 pria, wanita dan anak-anak, bahkan juga ditemukan bukti-bukti pusat keagamaan, tempat penyimpanan, tempat pengolahan anggur dan kandang untuk hewan ternak.

kota bawah tanah derinkuyu di Capadoccia, TurkiMelihat struktur batuan yang lunak, tentunya pembuatan kota bawah tanah seperti ini perlu kehati-hatian karena kalau ada kesalahan pada pembuatannya akan terjadi keruntuhan langit-langit yang mematikan, dan pada kenyataannya tidak ada tanda-tanda terjadinya runtuhan pada konstruksinya, hal ini mengindikasikan bahwa siapapun yang membangun ini benar-benar mengenal struktur batuan dan benar-benar cerdas, atau mereka mendapat bantuan dari peradaban lain. (foto dari: http://www.budgettourstourkey.com)

Lalu pertanyaannya adalah : Siapa yang membangun dan untuk apa mereka “harus” tinggal di bawah tanah yang begitu dalam ?

Daerah Cappadocia, Turki dulunya adalah bagian dari kerajaan Zoroastrian yang sebenarnya lebih mirip dengan Persia, Zoroastrianisme adalah salah satu tradisi religius yang tertua di muka bumi ini. Agama Zoroastrianisme adalah sebuah kepercayaan kuno yang berdasarkan atas peperangan antara kekuatan baik dan jahat. Kepercayaan ini ditemukan sebelum abad ke-6 Sebelum Masehi, Dewa tertingginya adalah penciptanya, Ahura Mazda, dan pada bab ke-2 dalam buku suci Zoroastrinisme disebutkan bahwa Ahura Mazda menyelamatkan umat manusia dari bencana lingkungan yang terjadi di seluruh dunia. Kemungkinan orang-orang ini diminta untuk membangun sebuah pengungsian di bawah tanah oleh sang Dewa Langit, Ahura Mazda. Menurut tulisan suci, mereka membangun kota bawah tanah bertingkat untuk melindungi beberapa orang terpilih dan hewan-hewan tetapi bukan dari banjir, karena akan menggenangi kota bawah tanah dengan sekian banyak ventilasi tersebut tetapi dari jaman es besar, yang oleh mereka disebut sebagai musim dingin yang jahat.

Menurut beberapa orang klimatologis jaman es terakhir mencapai puncaknya sekitar 18.000 tahun yang lalu dan berakhir sekitar tahun 10.000 sebelum masehi. Apakah mungkin Derinkuyu dibangun untuk menghindar dari musim dingin yang mematikan ?

Kalau memang kota bawah tanah Derinkuyu adalah kota bawah tanah yang dibuat oleh para pengikut Ahura Mazda karena kesesuaiannya dengan tulisan-tulisan suci Zoroastrianisme, mungkinkah ada kenyataan dibalik legenda itu ? Kalau memang benar, lalu siapa, atau apa sang Dewa Ahura Mazda ?

Ahura Mazda

Ahura Mazda disebut sebagai dewa penemu kepercayaan Zoroastrianisme. Kata Ahura berarti Cahaya dan Mazda berarti Kebijaksanaan, maka Ahura Mazda adalah Dewa Cahaya dan Kebijaksanaan. Dalam gambar di atas digembarkan Ahura Mazda adalah seorang bijak yang menunggangi semacam alat terbang yang digambarkan seperti burung (menurut pengetahuan orang jaman kuno bahwa segala sesuatu yang bisa terbang adalah burung). Apakah itu sebuah ‘kendaraan” ?

Beberapa tulisan suci kuno berbicara tentang pengetahuan yang diberikan kepada umat manusia dari para Dewa, bisa jadi dewa ini adalah makhluk yang lebih maju peradabannya. Mungkinkah Ahura Mazda adalah makhluk cerdas dengan teknologi dan peradaban yang lebih maju dari dunia yang lain ? Kalau memang demikian, apakah dia menyediakan teknologi yang diperlukan oleh para pengikutnya untuk membangun kota bawah tanah Derinkuyu ? Apakah ada alasan lain mengenai keberadaan Derinkuyu ?

Sistem pengamanan kota bawah tanah dan peperangan Ahura Mazda

Pada beberapa tempat di kota bawah tanah itu ada sebuah pintu berupa roda batu seberat sekitar 500 kg dan hanya bisa di buka oleh satu orang tetapi hanya dari satu sisi. Pintu ini hanya bisa di buka-tutup dari dalam. Dari sini bisa diperkirakan bahwa siapa pun yang tinggal di Derinkuyu bersembunyi dari seseorang, atau sesuatu. Menurut teks suci Ahura Mazda terbang menaiki kereta suci dan berperang melawan musuh utamanya yang disebut sebagai Angra Meinyu, sang iblis kehancuran.

Mungkinkah peperangan ini seperti yang dipercaya oleh para penganut teori Ancient Astronaut sebagai penggambaran dari dua kekuatan ekstraterrestral yang bertempur untuk menguasai bumi dan sumber dayanya ? Melihat umur dari tulisan tersebut dan menyebutkan bahwa ada pertempuran di langit dengan semacam alat terbang, maka satu-satunya yang bisa dan mempunya kendaraan terbang saat itu adalah mereka yang berasal dari peradaban lebih maju. Mereka memiliki pengetahuan terhadap mesin-mesin yang sering kita temui di sebagian besar kebudayaan kuno di seluruh dunia sebagai kendaraan yang ditunggangi oleh para dewa.

Dari kisah peperangan itulah ada kemungkinan bahwa Derinkuyu dibangun sebagai tempat perlindungan dari kemungkinan pemboman dari udara antara dua peradaban maju yang saling berperang satu sama lain ribuan tahun yang lalu. Jika seandainya ada sesuatu yang terbang dengan sangat cepat di udara, mereka tidak akan mengetahui keberadaan ventilasi-ventilasi tempat perlindungan ini, tetapi bila musuh menunggangi kuda, maka akan mudah untuk melihat lubang-lubang ventilasi ini dan akan diketahui tempat persembunyiannya dan bisa membunuh semua yang berada di dalam hanya dengan menutup semua sistem ventilasinya, dan bila tujuan dibangunnya kota bawah tanah ini adalah untuk menyelamatkan diri dari bencana alam seperti banjir besar, seperti yang dipercaya oleh para ahli yang menyelidiki tentang sejarah banjir besar pada jaman nabi Nuh yang tertulis dalam Alkitab dan Al-Quran, maka air akan dengan mudah masuk ke dalam kota melalui ventilasi. Dari sini sudah jelas bahwa keberadaan Derinkuyu adalah untuk bersembunyi dari sesuatu yang terbang atau ancaman dari udara.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Dunia pada tanggal May 19, 2016


www.000webhost.com