Laba-laba Pelompat Rumahan


Laba-laba pelompat rumah

Laba-laba pelompat atau jumping spider adalah spesies laba-laba yang umum terdapat di dalam rumah, meskipun juga ada jenis laba-laba pelompat taman yang ukurannya bisa dua kali lebih besar. Laba-laba pelompat ini sering kita jumpai berjalan atau melompat diantara furnitur rumah dan dinding, meskipun demikian hewan ini bukanlah hewan yang berbahaya bagi manusia justru merupakan salah satu jenis hewan yang “wajib” ada di dalam rumah.

Jumping Spider memiliki sekitar 5000 spesies yang teridentifikasi membuatnya sebagai laba-laba dengan familia terbesar dan laba-laba jenis ini memiliki penglihatan yang terbaik diantara arthropoda lainnya, kemampuannya untuk melompat dengan kecepatan tinggi terutama ketika berburu mangsa dan gerakannya yang gesit saat menanggapi ancaman membuat laba-laba ini mendapatkan namanya.

Laba-laba ini memiliki kaki depan yang lebih besar daripada kaki belakangnya, meskipun demikian mereka mengandalkan kaki belakang untuk melompat sementara kaki depannya digunakan untuk mencengkram mangsa. Laba-laba pelompat adalah pemburu diurnal aktif (beraktifitas pada siang hari) dan mampu menyerang mangsa yang jauh lebih besar dan lebih kuat dari tubuhnya, rahasianya adalah bahwa persendian di seluruh tubuh laba-laba ini tidak hanya digerakkan oleh otot tetapi juga oleh cairan tubuh seperti sistem hidrolik. Laba-laba ini adalah sistem hidrolik hidup yang tercipta dari jutaan tahun evolusi.

Adanya laba-laba pelompat dalam rumah kita membantu mengurangi hama dalam rumah seperti semut dan lalat, sementara memiliki laba-laba pelompat pada taman akan membantu kita untuk mengurangi populasi serangga yang merugikan seperti kutu tanaman, semut dan belalang.

jumping spider on a door Berbeda dengan spesies laba-laba lain, laba-laba pelompat tidak membuat sarang, mereka tinggal di tempat-tempat sempit seperti di balik lukisan yang digantung, dibalik lemari dan di tempat lain yang dirasa aman dari gangguan. Meskipun demikian laba-laba ini tetap memiliki kelenjar yang memproduksi jaring laba-laba, jaring ini digunakan untuk membantu menjangkau mangsa yang sulit terjangkau hanya dengan lompatan.

Mungkin beberapa dari kita sering kali takut ketika melihat laba-laba ini karena berpikir bahwa gigitannya akan berbahaya, sebenarnya laba-laba ini tidak pernah menyerang manusia kecuali mereka merasa terancam atau dalam bahaya, gigitannya juga tidak beracun bagi manusia tetapi hanya berpengaruh pada mereka yang alergi dengan gigitan laba-laba.

Melihat laba-laba pelompat dalam rumah ?
Mungkin secara sepintas mereka terlihat seperti laba-laba lainnya yang menakutkan tetapi saya suka memperhatikan hewan ini, bentuk kepala yang unik dipadu dengan mata yang bulat dan perilaku agresifnya membuat hewan ini tampak lucu dan menggemaskan.

Baca juga : Laba-laba Rumah Berkaki Panjang

Foto di atas menggunakan :
Nikon D3000 dengan lensa Tamron AF70-300mm Di LD Macro 1:2 foto sudah di crop dan resize seperlunya.
ikuti instagram @a17nphotography


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Photoblog, Science pada tanggal Sep 04, 2015
Tags :


www.000webhost.com