Laba-Laba Rumah Berkaki Panjang


long legged spiders in their nest

Bila kita perhatikan di beberapa tempat di rumah kita, terutama di tempat-tempat yang banyak tersimpan barang, seperti misalnya gudang, kita akan menemui satu atau beberapa ekor laba-laba berukuran kecil dan memiliki kaki sangat panjang. Banyak mitos beredar mengenai laba-laba ini, tetapi sebenarnya laba-laba ini sama sekali tidak berbahaya bagi manusia, bahkan di beberapa daerah keberadaan laba-laba ini justru diperlukan.

Laba-laba berkaki panjang ini adalah jenis laba-laba dari familia Pholcidae yang terdiri dari kurang lebih 1500 spesies dan tersebar di hampir seluruh dunia kecuali di daerah beriklim dingin. Biasanya kita akan banyak mendapati laba-laba ini di tempat yang hangat dan kering.

Laba-laba ini memiliki panjang tubuh antara 2 hingga 10 milimeter, tergantung pada jenis spesiesnya, dengan panjang kaki hingga 50mm. Beberapa spesies dari laba-laba ini mencari makan dengan memangsa laba-laba lain yang bersarang, menginvasi sarang dan memangsa si tuan rumah. Terkadang mereka menggetarkan jaring sehingga terkesan seakan-akan ada serangga yang terjebak, ketika pemilik sarang mendatangi, laba-laba berkaki panjang akan menyergapnya.

Laba-laba berkaki panjang adalah predator alami dari laba-laba dari spesies Tegenaria, laba-laba ini dikenal sebagai pemburu laba-laba punggung merah (redback spider), laba-laba pemburu (huntsman spider) serta laba-laba beracun lainnya. Dengan demikian, keberadaan laba-laba ini sangat menguntungkan bagi manusia yang tinggal di daerah yang banyak terdapat laba-laba.

Laba-laba ini juga mampu memproduksi jaring yang biasanya bisa kita temui di langit-langit ruangan. Uniknya jaring-jaringnyanya tidak mengandung perekat, tetapi memiliki struktur yang tidak beraturan sehingga serangga yang terjebak di dalamnya akan mengalami kesulitan untuk melepaskan diri dan cukup memberi waktu bagi laba-laba kaki panjang untuk menangkap dan memangsa si korban.

Kita biasanya terganggu secara visual dengan keberadaan jaring laba-laba ini yang membuat ruangan kita tampak seakan-akan kotor dan tidak terawat. Tetapi keberadaan jaring ini membantu kita untuk mengurangi populasi serangga di dalam kamar, termasuk nyamuk.

Beberapa fakta mengenai laba-laba berkaki panjang.

Keberadaan laba-laba ini di dalam rumah sebenarnya memiliki lebih banyak keuntungan daripada kerugiannya. Salah satu kerugian dari keberadaan laba-laba berkaki panjang di dalam rumah adalah jaring-jaringnya yang membuat ruangan tampak kotor dan tidak terawat.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Science pada tanggal Dec 13, 2016
Tags : ,