Lampu USB LED Bulb Dengan Kabel 1 Meter


Beberapa waktu lalu saya membeli beberapa buah lampu LED USB 5 Watt dengan tujuan utama sebagai lampu darurat saat listrik padam. Overall produk USB ini cukup memuaskan dengan terang yang pas sebagai lampu darurat atau lampu untuk camping. Berikut adalah sedikit review dan beberapa tips menggunakan lampu LED ini.



Lampu LED bulb 5 watt ini memiliki kabel dengan panjang sekitar 1 meter dan handle untuk menempatkan lampu pada paku atau gantungan. Di dalam pelindung, lampu ini menggunakan 10 buah LED dengan posisi melingkar untuk mengoptimalkan pencahayaan.

Perbandingan Lampu LED USB 5W / 5V dan Lampu LED Philips 4W /220V-240V

Saya membandingkan terang lampu USB light bulb 5W dengan lampu LED yang saya gunakan sebagai penerangan di dalam kamar, yaitu lampu LED Philips 4W. Dan hasilnya karena kedua lampu ini memiliki kompensasi cahaya yang berbeda, ternyata Lampu LED USB 5 Watt terangnya sedikit di bawah lampu LED Philips 4 Watt sehingga kemungkinan Lampu LED USB 5W ini setara dengan lampu LED Philips 3 Watt yang cukup untuk menerangi meja belajar, kamar berukuran kecil, atau sebagai penerangan di dalam tenda, juga bisa digunakan sebagai lampu tidur dengan menggunakan adaptor charger HP sebagai sumber daya.

Tips menggunakan lampu LED USB

  1. Menggunakan USB powerbank.
    Lampu ini bisa dinyalakan menggunakan USB power bank dengan output 5V. Tetapi perlu diperhatikan karena lampu terus menyala maka ada kemungkinan baterai power bank terkuras hingga habis sehingga membuat powerbank “sulit” untuk di charge kembali bila dayanya benar-benar habis (hingga 0%) atau bahkan rusak, karena itu gunakan smart powerbank yang memiliki fasilitas over-discharge protection dimana powerbank akan otomatis memutus daya saat baterai hampir habis (biasanya kondisi 5%) sehingga baterai powerbank tidak mudah rusak.
  2. Menggunakan USB adaptor.
    Lampu ini juga bisa digunakan sebagai penerangan dengan memanfaatkan adaptor charger dengan output 5V yang didapatkan ketika anda membeli perangkat smartphone.
  3. Gunakan solar charger bila digunakan untuk camping.
    bila anda menggunakan lampu ini untuk penerangan saat camping pada malam hari pastikan anda menggunakan solar charger, terutama yang powerbank dan solar panelnya terpisah sehingga anda bisa menggunakan solar panel untuk charging power bank di siang hari, atau lampu bisa langsung ditancapkan pada solar panel bila dibutuhkan, dan di malam hari anda bisa menggunakan power bank yang sudah ter-charge menggunakan solar panel.
  4. Mengapa menggunakan powerbank dengan solar panel terpisah ?
    Powerbank dengan solar panel yang terintegrasi biasanya membutuhkan waktu sangat lama dan tidak optimal untuk carging menggunakan cahaya matahari, sementara pada solar panel terpisah, biasanya memiliki efektifitas charging lebih tinggi karena ukuran solar panel yang lebih luas dan mampu memberikan daya lebih besar untuk charging.

Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Review pada tanggal Apr 05, 2017
Tags : , ,


www.000webhost.com