Legenda Skinwalker


Skinwalker adalah sebuah legenda yang sangat dipercayai keberadaannya oleh suku Indian Navajo, Ute dan beberapa suku Indian lain di Amerika Selatan dimana mereka biasanya menolak untuk menceritakan mengenai detil legenda ini secara publik khususnya dengan orang di luar suku tersebut.

ilustrasi skinwalker chibi oleh theangelwing

Dalam bahasa Navajo, Skinwalker disebut sebagai yee naaldooshii yang artinya “dia yang berjalan dengan empat kaki”. Minurut kisah legenda suku ini, Skinwalker adalah seorang tabib (ahli pengobatan) yang menggunakan ilmunya untuk tujuan jahat dan mempraktekkan ilmu hitam sehingga lebih tepat bila disebut sebagai penyihir (witch), dimana orang ini menggunakan ilmunya untuk berubah menjadi hewan dan mencelakai orang lain.

Tabib adalah seorang yang mempelajari ilmu-ilmu pengobatan baik itu secara praktikal, misalnya pengobatan menggunakan ramuan alami, dan pengobatan secara sepiritual, seperti melakukan pengusiran terhadap roh-roh yang mengganggu di dalam diri seseorang. Skinwalker adalah sisi lain dari seorang tabib, dia memiliki ilmu yang sama hanya saja ilmu yang dia miliki dipadu dengan ilmu hitam sehingga ramuan yang dia buat digunakan untuk meracuni atau melukai orang lain dan kemampuan spiritual digunakan untuk mengganggu kehidupan seseorang.

Mereka percaya bahwa Skinwalker ini akan mengenakan kulit hewan dimana mereka akan berubah menjadi hewan tersebut, karena itulah mengenakan pakaian dari kulit hewan dianggap hal yang tabu dalam kebudayaan suku ini. Suku Navajo hanya mengenakan dua jenis pakaian dari kulit hewan yaitu kulit domba dan kulit rusa, itu pun hanya dipakai untuk tujuan perayaan atau upacara tertentu saja. Biasanya Skinwalker ini mengambil wujud rubah, burung hantu, serigala, atau burung gagak. Meskipun demikian mereka bisa memilih untuk menjadi hewan apa pun yang mereka inginkan.

Beberapa suku Indian lain seperti Hopi, Ute dan suku indian lain memiliki kisah legenda Skinwalker menurut mereka sendiri akan tetapi pada dasarnya semua kisah legenda tersebut memiliki kesamaan, yaitu penyihir jahat yang mampu berubah bentuk menjadi hewan dengan mengenakan jubah dari kulit hewan tersebut.

Sumber :

Navajo Legends : Skinwalker

Wikipedia : Skin-walker

Beberapa sumber lain


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Dunia pada tanggal Aug 09, 2016
Tags : ,