Manfaatkan Google Fonts Dalam Web Design


Pada awal dunia web design, menggunakan web-safe fonts sangatlah penting karena tidak semua sistem operasi memiliki font yang ingin kita gunakan, tetapi sekarang web-safe fonts hanya menjadi font pendukung bila browser yang digunakan oleh pengguna tidak mampu atau mengalami kesulitan menampilkan font yang kita gunakan.

Salah satu cara untuk menggunakan custom font adalah dengan mendownload berbagai font yang saat ini banyak tersedia di internet dan menggunakannya secara internal dalam layanan hosting kita.

(Baca: Menggunakan Custom Font Pada Website Dan Blog)

Selain itu Google juga menyediakan banyak font yang bisa kita gunakan untuk mempercantik tampilan dan komposisi teks pada website atau blog kita, kelebihannya adalah selain kita bisa dan boleh mendownload font yang disediakan Google untuk digunakan secara lokal, misalnya untuk mengetik dokumen pada word processor, atau kita hosting sendiri, kita juga bisa menggunakan font tersebut secara langsung dari layanan hosting font milik Google.

Layanan Google Fonts bisa diakses di sini : https://www.google.com/fonts

Saat kita membuka layanan Google Fonts kita akan dihadapkan dengan banyak sekali fonts yang bisa kita gunakan langsung, atau kita simpan dalam koleksi kita untuk memudahkan pencarian, atau juga untuk kita download bila kita ingin menggunakan font tersebut dalam operating system kita atau ingin kita hosting sendiri untuk digunakan pada website atau blog kita.

Ketika kita menggunakan tombol quick-use pada salah satu font yang kita pilih kita akan mendapatkan instruksi cara untuk menggunakan font tersebut pada website kita serta pengaruh penggunaan font tersebut pada page load sehingga kita bisa mengetahui apakah menggunakan font tersebut akan memperberat website kita untuk dimuat oleh browser atau tidak. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengikuti instruksi yang sangat singkat tersebut dan mulai menggunakan font yang disediakan oleh Google pada website atau blog kita.

Custom font yang digunakan akan tersimpan dalam cache memory pada browser, selama cache memory tidak dihapus seandainya pengguna tersebut membuka halaman website menggunakan browser yang sama untuk kedua kalinya, browser tidak perlu lagi mendownload font yang dihosting baik oleh Google maupun oleh pemilik website, cukup memuat font yang sudah tersimpan dalam cache browser.

Penggunakan custom font ini ternyata lebih baik daripada penggunaan web-safe fonts dalam web design karena web safe fonts sendiri terkadang terlihat berbeda pada masing-masing sistem operasi, contoh yang saya dapati adalah penggunaan web-safe font “serif” pada Ubuntu MATE terlihat berbeda dengan font “serif” pada windows 7, sehingga penggunaan custom font ini bisa membuat tampilan font tetap sama apa pun sistem operasi yang digunakan oleh browser.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging, Website pada tanggal Mar 02, 2016
Tags : , ,


www.000webhost.com