Mars Akan Mempunyai Cincin


Satelit terbesar Mars, Phobos, secara perlahan akan jatuh ke permukaan planetnya, tetapi kemungkinan yang akan terjadi adalah satelit ini tidak akan jatuh langsung ke permukaan tetapi akan hancur dan kepingan-kepingannya akan mengitari planet Mars membentuk seperti cincin yang dimiliki oleh Saturnus, Uranus, Neptunus dan Jupiter.

Berdasarkan perhitungan orbit Phobos oleh para ilmuwan di Universitas Berkley, California, kejadiannya akan berlangsung sekitar 20 hingga 40 juta tahun lagi dan Mars akan memiliki cincin yang akan mengorbit planet tersebut selama sekitar 1 hingga 100 juta tahun.

Dalam penjelasannya disebutkan bahwa seperti Bulan yang menarik planet kita ke segala arah dan menyebabkan air pasang, begitu juga Mars yang gravitasinya menarik berbagai bagian dari Phobos. Ketika Phobos semakin dekat dengan planetnya, gaya tarik nya akan cukup kuat untuk menarik permukaan phobos hingga terpisah dari intinya. Hal ini dikarenakan Phobos sangat rentan akan hancur dengan banyaknya pori-pori dan batuan yang membentuk satelit terbesar Mars tersebut.

Pecahan yang terbesar kemungkinan akan jatuh ke permukaan dan menyebabkan kawah sementara serpihan-serpihan kecil dan debu-debu akan terus mengorbit Mars dan membentuk cincin selama jutaan tahun hingga serpiha-serpihan ini jatuh ke permukaan.

“Sementara bulan kita bergerak menjauhi Bumi beberapa cm per tahun, Phobos bergerak mendekati Mars juga dengan kecepatan beberapa cm per tahun, jadi kemungkinannya sangat besar sekali bagi satelit ini untuk jatuh atau hancur.” kata Black dari UC Berkley’s Department of Earth and Planetary Science.

Selain Phobos, satelit milik Neptunus, Triton, juga merupakan satelit yang bergerak semakin mendekati planetnya. Hal ini juga yang membuat para ilmuwan mengungkapkan sebuah teori mengenai pembentukan cincin pada beberapa planet dalam sistem tata surya kita, mungkin juga di sistem bintang yang lain dimana cincin pada planet-planet ini terbentuk dari satelit yang hancur karena tarikan gaya gravitasi atau satelit yang saling bertabrakan sehingga serpihannya mengorbit planetnya.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Astronomi pada tanggal Nov 27, 2015
Tags : , ,