Membuat Sendiri Template WordPress


Dari sekian banyak penyedia layanan blogging, menurut saya pribadi CMS WordPress adalah blogging platform yang paling mudah untuk dibuat templatenya. WordPress memiliki struktur template yang 100% sama dengan template website biasa, dengan kata lain berbagai macam metode yang kita gunakan untuk membuat dan mendesain sebuah halaman website bisa kita gunakan untuk template WordPress.

Struktur Desain Template WordPress

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa wordpress memiliki struktur template yang 100% sama dengan template website biasa bisa kita lihat dari struktur dasar elemen Templatenya yang terdiri dari :

Header, Footer dan Sidebar bisa kita isi dengan script HTML, php maupun JavaScript seperti membuat website biasa dimana masing-masing elemen nanti akan dipanggil menggunakan php dalam file index.php.

Setelah kita mengetahui bahwa struktur template WordPress 100% sama dengan struktur template website pada umumnya, sekarang kita akan membahas beberapa hal yang membedakan antara isi dari template WordPress dengan isi dari template website.

Head dan Title Code

kode Head dan Title dimasukkan dalam file header yang merupakan awal dari keseluruhan script. Ada dua kode yang penting yang wajib ada pada bagian ini yaitu kode untuk menampilkan judul pada window tab dan kode untuk membaca stylesheet atau kode CSS. Untuk itu pastikan isi dari head code memiliki dua script berikut ini :

<head>
<title><?php wp_title(); ?></title>
<link rel=”stylesheet” href=”<?php bloginfo(‘stylesheet_url’); ?>”>
</head>

Kode diatas adalah fungsi yang dimiliki oleh WordPress untuk menampilkan judul sesuai yang diinputkan saat posting sebuah artikel dan script untuk memuat kode CSS yang tersimpan pada folder khusus theme WordPress.

Untuk kode judul bisa kita modifikasi untuk diberi aksesoris berupa separator, misalnya dengan karakter “|” pada posisi sebelah kiri judul, bisa ditulis :

<title><?php wp_title( ‘|’, true, ‘left’ ); ?></title>

Sementara untuk desain header, footer, sidebar dan tampilan blog post bisa menggunakan HTML, php dan CSS, khusus untuk cara menampilkan konten blog pada WordPress kita memerlukan kode berikut ini :

Loop Code

Untuk menampilkan beberapa post yang sudah kita buat sebelumnya kita harus menggunakan loop code. Loop code akan tampak seperti berikut :

<?php if ( have_posts() ) : ?>
<?php while ( have_posts() ) : the_post(); ?>
    Isi Loop
<?php endwhile; ?>
<?php endif; ?>

Untuk membatasi jumlah maksimum post yang akan ditampilkan pada sebuah halaman utama blog kita bisa menambahkan kode berikut sebelum kode Loop :

<?php query_posts( $query_string . ‘&posts_per_page=5’ ); ?>

Dalam kode di atas kita membatasi hanya ada 5 post yang akan ditampilkan pada halaman utama blog, bila lebih maka akan ditampilkan di halaman berikutnya. Isi Loop bisa diisi dengan beberapa fungsi dasar utama wordpress berikut ini :

Serta fungsi-fungsi lain yang dimiliki oleh wordpress, bisa di baca di sini : Function Reference.
Beberapa fungsi untuk menampilkan navigasi halaman bisa dibaca di sini : Pagination

Untuk Single Post

Khusus untuk beberapa komponen yang hanya akan ditampilkan ketika membuka satu post saja, membaca satu post secara keseluruhan atau mengakses satu blog post secara individu, bisa menggunakan :

<?php if (is_single()) : ?>
    Elemen yang akan ditampilkan ketika hanya ada satu post yang terbuka dituliskan di sini. Biasanya berupa kolom komentar khusus untuk satu post.
<?php else : ?>
    Elemen yang akan ditampilkan ketika terdapat lebih dari satu post (biasanya pada halaman utama blog) dituliskan di sini.
<?php endif; ?>

Ringkasan

Membuat template wordpress sama persis seperti membuat template untuk website biasa, hanya saja kita perlu menggunakan php serta beberapa fungsi khusus wordpress yang memiliki format yang sama dengan php. Satu-satunya hal yang membedakan adalah penggunaan Loop untuk menampilkan isi dari blog, karena menggunakan php yang umum dan dikenal oleh para web developer maka membuat template WordPress dari nol relatif lebih mudah daripada penyedia layanan blogging lainnya.

Link terkait :
WordPress: Blog Design And Layout
WordPress: The Loop
WordPress: Function Reference
WordPress: Pagination

*Template Blog ini dibuat dari nol menggunakan metode di atas


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging pada tanggal Jun 21, 2016