Membuat Situs Yang Google Friendly


Bila kita mempraktikkan SEO, baik itu untuk website maupun blog (selanjutnya akan disebut WeBlog), sebagian besar yang kita dengar selalu berhubungan dengan Google sebagai salah satu search engine yang paling populer di dunia. Untuk itu kita perlu membuat website kita Google-friendly supaya mudah dibaca dan diindex oleh Google. Di bawah ini akan coba saya ulas secara lengkap mengenai bagaimana membuat website (termasuk blog) yang Google friendly yang saya dapatkan dari Google Webmasters Guidelines.


“Note: Mengenai peranan template dalam SEO dibahas pada artikel lain pada kategori SEO.”


Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membuat situs yang Google-friendly.

Berikan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung

Berikan konten yang berkualitas pada halaman-halaman WeBlog anda, termasuk pada homepage. Ini adalah hal yang paling penting. Bila halaman-halaman WeBlog anda memiliki banyak informasi yang berguna, maka konten anda akan menarik pengunjung dan akan ada kemungkinan webmaster atau blogger lain akan memasang link WeBlog anda di WeBlog milik mereka baik itu sebagai sebuah rekomendasi atau sebagai sumber rujukan bagi artikel atau gambar yang mereka gunakan. Buatlah informasi yang mendeskripsikan topik secara jelas dan akurat, sesuai dengan judul halaman.

Jangan pikirkan mengenai keyword apa yang akan anda gunakan dalam menyusun artikel, tetapi pikirkanlah mengenai “apa yang akan dituliskan oleh para pengguna internet pada mesin pencari” supaya bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan sehubungan dengan informasi yang anda tulis.


“Pastikan link halaman WeBlog anda yang terdapat pada WeBlog lain terpasang sebagai Natural Link.”


Mungkin bagi para webmaster, terutama blogger yang menjalankan SEO sangat suka bermain-main dengan yang namanya backlink, mereka berlomba-lomba untuk mencari backlink yang berkualitas tanpa mengerti yang dimaksud sebagai istilah tersebut.

Backlink yang berkualitas di sini adalah link menuju website anda yang dikategorikan sebagai Natural Link. Dan perlu diketahui juga bahwa Google memiliki algoritma untuk mendeteksi perbedaan dari Natural Link dan Un-natural Link (link alami dan tidak alami).

Natural Link
adalah link yang dipasang pada sebuah halaman website oleh pemilik atau penulis halaman website tersebut (author). Natural link bisa dikenali dengan mudah sebagai link yang terdapat di dalam sebuah artikel, terkadang pada bagian lain dari halaman website kecuali pada kolom komentar.

Un-natural Link
adalah link yang dipasang pada sebuah halaman website oleh orang lain selain penulis. Biasanya link-link seperti ini terdapat pada kolom komentar dan chat box.

Dari penjelasan di atas bisa diketahui bahwa link-link menuju halaman WeBlog anda yang tertulis pada kolom komentar termasuk dalam kategori unnatural link yang dalam bahasa sehari-hari kita kenal sebagai backlink berkualitas rendah.


“Google hanya menggunakan Natural Link untuk indexing dan me-ranking halaman situs anda.”


Bila anda memasang link pada kolom komentar, pastikan konten dari halaman WeBlog tempat anda berkomentar relevan dengan konten halaman pada link anda. (membahas topik yang sama)

Google menggunakan teknik pencocokan teks untuk menguji relevansi antara artikel dan isi dari link yang terpasang pada halaman tersebut.

Buat situs anda mudah diakses

Bangun situs anda dengan struktur link yang baik, setiap halaman harus dengan mudah dibuka dari setidaknya satu link berupa teks statis, misalnya tombol next, previous atau home.

Gunakan text browser untuk memeriksa situs anda. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah Lynx web browser. Hampir semua crawler search engine membaca situs-situs seperti bagaimana Lynx membaca situs anda.


“Pastikan bahwa fitur-fitur yang anda gunakan, seperti JacaScript, cookies, frame, Flash atau script lain tidak menghalangi anda membaca konten dalam text browser tersebut.”


Bila text browser mengalami kesulitan atau tidak bisa menampilkan konten WeBlog anda secara jelas, maka kemungkinan crawler search engine juga akan mengalami kesulitan mengindeks halaman website anda.

Di bawah ini adalah tampilan halaman utama blog ini pada Lynx web browser.

Tampilan Lynx text browser

Hal-hal yang harus dihindari

Jangan memenuhi halaman situs dengan keyword, mencoba menyembunyikan konten, atau memasang halaman yang dikhususkan untuk crawler. Bila situs anda memuat halaman dengan link atau teks yang bukan ditujukan untuk pengunjung, (biasanya hanya berisi kumpulan keyword), maka Google akan menganggap link dan halaman tersebut sebagai halaman yang deceptive atau menipu dan tidak akan meng-crawl atau mengindeks situs anda.

Jangan membeli layanan SEO baik itu yang berupa layanan backlink, tools, widget maupun layanan lainnya. Beberapa perusahaan mengklaim bahwa mereka menjamin bahwa situs anda akan mendapatkan ranking yang tinggi dengan menggunakan layanan mereka. Sebagian memang menyediakan layanan konsultasi bagi website anda, sementara layanan lain menggunakan cara yang “menipu” search engine (Black Hat SEO).


“Bila domain anda berafiliasi dengan layanan seperti ini, baik itu memasang script, widget atau mempromosikan layanan seperti ini dalam situs anda, ada kemungkinan situs anda akan diblokir (banned) dari index Google.”


Jangan gunakan gambar untuk menampilkan konten berupa teks. Crawler Google tidak mengenali teks yang terdapat pada gambar. Supaya gambar yang anda gunakan bisa diindex oleh Google gunakan atribut ALT.

Jangan membuat duplikat sebuah halaman website pada URL yang berbeda. Beberapa situs menawarkan website yang hanya menampilkan teks atau halaman yang printer-friendly pada alamat yang berbeda dengan konten yang sama. Bila ingin menampilkan situs yang text only atau printer-friendly, anda bisa memodifikasi CSS untuk mengubah tampilan sesuai dengan yang anda inginkan dengan menggunakan tombol dan fungsi JavaScript.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging, SEO, Website pada tanggal Dec 17, 2016
Tags : ,