Memulai Blogging, Blogger (Blogspot) atau WordPress


Blogger dan WordPress adalah dua penyedia layanan blogging yang paling populer tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bila seseorang baru ingin memulai sebuah blog, biasanya mereka bingung memilih antara Blogger dan WordPress.

bloging image

Untuk blogging mana yang lebih baik, Blogger atau WordPress?

Di sini saya akan memberikan beberapa hal singkat yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih platform blogging bari yang ingin memulai membangun sebuah blog.

Blogger

Blogger adalah platform blogging yang dikelola oleh Google. Platform ini menyediakan banyak template yang bisa digunakan baik itu secara gratis maupun berbayar.

Bagi mereka yang menjalankan blogging dengan SEO menggunakan Blogger, tidak perlu lagi bingung membuat sitemap, karena berbagi hal yang berhubungan dengan SEO, termasuk sitemap sudah terkelola dalam sistem. Yang anda perlukan hanya mendaftarkan blog sebagai property pada Google Search Console dan biarkan crawler mengindeks blog anda.

Untuk bisa memiliki blog dengan top level domain atau nama domain sendiri, anda hanya perlu menyewa domain dari penyedia layanan domain dan hosting lalu mengarahkan alamat domain ke blog anda. Anda tidak perlu menyewa hosting.

Blogger juga menyediakan fasilitas untuk menambah atau mengurangi elemen dalam layout desain template dengan drag and drop sehingga mudah untuk menambahkan konten termasuk untuk pemasangan iklan.

Kekurangan dari blogger adalah, bila anda ingin membuat desain template sendiri, ada banyak hal yang harus dipelajari selain HTML, PHP dan CSS karena blogger memiliki bahasa sendiri untuk sebagian besar fungsi-fungsi dalam templatenya.

WordPress

Khusus untuk WordPress, patform blogging ini terbagi dalam 2 bagian :

1. wordpress.com

Anda bisa menggunakan fasilias wordpress langsung pakai layaknya blogger melalui wordpress.com. Blogging platform ini juga menyediakan banyak template yang bisa digunakan baik secara gratis maupun berbayar atau kalau anda mempunyai kemampuan dalam HTML, PHP sederhana dan CSS, anda bisa dengan mudah membuat sendiri template untuk wordpress.

WordPress juga memiliki banyak plugin yang bisa digunakan secara gratis. Plugin-plugin ini memiliki beragam fungsi, mulai dari memperkaya fasilitas blog anda sampai plugin untuk mendukung SEO pada blog anda. Banyak plugin wordpress yang selalu aktif dan update.

Untuk bisa memiliki blog atau website dengan top level domain atau nama domain sendiri anda tidak perlu mencari penyedia layanan hosting dan domain. WordPress menyediakan tarif langganan khusus bagi mereka yang ingin memiliki top level domain di wordpress.com dengan penyimpanan dan bandwidth tidak terbatas.

Kekurangan dari penggunaan wordpress.com secara gratis adalah ada beberapa aturan yang harus diikuti termasuk bahwa wordpress akan menampilkan iklan mereka pada blog anda dan anda tidak boleh mengubah footer yang memiliki brand wordpress.com. Anda bisa menghilangkan iklan dan footer pada wordpress dengan membayar untuk mendapatkan top level domain.

2. Menggunakan CMS WordPress

Dengan menggunakan CMS wordpress yang bisa didownload melalui wordpress.org, anda tidak terikat oleh peraturan pada wordpress.com. Dalam artian anda bisa menghapus footer bahkan menggantinya dengan brand anda sendiri dan wordpress tidak akan memasang iklan apa pun pada blog anda sehingga anda bisa leluasa menempatkan iklan anda pada blog untuk mendapatkan penghasilan.

Dengan platform yang sama maka anda bisa mendapatkan semua fasiitas wordpress.com, baik itu template dan plugin. tetapi tentunya untuk bisa menggunakan CMS wordpress ini anda harus menyewa hosting dan domain sendiri baik itu yang berbayar maupun gratis.

Untuk SEO wordpress sendiri juga sangat mudah, anda cukup mendaftarkan domain utama anda pada Google Search Console dan biarkan crawler Google mengindeks blog anda, tetapi untuk sitemap (seandainya dibutuhkan) anda harus membuat sendiri. Jika menurut anda perlu, anda juga bisa menggunakan berbagai plugin untuk mendukung SEO yang disediakan oleh wordpress, yang menurut saya pibadi tanpa plugin pun SEO pada wordpress sudah beralan dengan baik, asalkan server tempat anda hosting CMS wordpress tidak sering mengalami gangguan.

Platform blogging wordpress juga memberikan kemudahan untuk backup konten blog anda, sehingga bila sewaktu-waktu anda memutuskan untuk pindah hosting dan domain, anda tinggal meng-import dari backup blog post anda termasuk berbagai media berupa gambar, video maupun audio, yang tersimpan dalam folder blog anda.

Kelebihan lain dari WordPress adalah aplikasi mobilenya yang memiliki fasilitas lengkap untuk menulis sebuah blog. Aplikasi mobile blogging untuk WordPress memiliki 2 mode, yaitu mode visual dan mode teks dimana dalam mode teks anda bisa memasukkan berbagai kode HTML untuk membuat konten anda semakin menarik.

Beberapa alternatif lain untuk blogging platform selain Blogger dan WordPress adalah Tumblr, Ghost (CMS), Weebly (site builder dengan blog), Squarespace



Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging pada tanggal Aug 29, 2017
Tags : , , ,