Mengatasi Unwanted Redirect Script Pada Iklan Banner


Bagi para blogger dan webmaster, iklan banner bisa menjadi salah satu media untuk mencari pendapatan dari halaman website mereka, tetapi beberapa penyedia layanan ad-network ada yang “nakal” dengan menyisipkan script untuk re-direct sehingga pengunjung akan secara otomatis dialihkan ke halaman website lain ketika ingin membaca artikel kita.

Unwanted Redirect script adalah sebuah script khusus (biasanya menggunakan javascript) yang “memaksa” pengunjung sebuah halaman website untuk otomatis dipindahkan halamannya ke halaman website lain yang biasanya tidak berhubungan dengan informasi yang ingin didapatkan oleh pengunjung.

Untuk mengatasi redirect yang tidak diinginkan cara termudahnya adalah dengan memberikan notifikasi sebelum pengunjung dialihkan halamannya. Hal ini bisa kita lakukan dengan menyisipkan kode berikut :


<script language=”JavaScript” type=”text/javascript”>
//<[CDATA[
window.onbeforeunload = function(){
return ‘Apakah anda ingin meninggalkan halaman ini?’;
};
//]]>
</script>

Script di atas akan berjalan sebelum halaman yang dibuka oleh pengunjung ditutup atau digantikan dengan halaman lain (unload) dan akan menampilkan teks dalam value return termasuk pilihan atas pernyataan tersebut.

Dengan script di atas kita bisa memasang berbagai script banner dengan aman tanpa khawatir dengan unwanted redirect script yang tersembunyi di dalam iklan banner. Beberapa penyedia layanan domain dan hosting melarang keberadaan script seperti ini dan bila kedapatan website kita memiliki unwanted redirest script, baik itu secara sengaja atau tidak, mereka berhak untuk mematikan domain dan hosting kita.

Script di atas mengubah unwanted redirect menjadi optional redirect dimana pilihan proses redirect ini berada di tangan pengunjung halaman website, tidak lagi otomatis.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Bisnis Online, Website pada tanggal Nov 03, 2016
Tags : ,