Mengenai Page Rank dan Backlink


Banner SEO

Untuk pembahasan SEO kali ini, Page Rank dan Backlink akan saya bahas dalam satu artikel karena kedua hal ini saling berhubungan dimana pemilik website terutama blogger membangun Backlink dengan tujuan untuk mendapatkan dan menaikkan Page Rank yang “harapannya” Page Rank tersebut akan mendongkrak performa website atau blog kita pada mesin pencari … mitosnya sih seperti itu.

Page Rank

Sebelum membahas mengenai backlink saya akan membahas mengenai Page Rank terlebih dahulu. Banyak blogger yang suka membanggakan Page Rank mereka dan sering bertanya “gimana sih caranya supaya Page Rank bisa tinggi?”, tetapi mereka tidak menanyakan mengenai “apa fungsi page rank ?” dan “apa peranan Page Rank dalam SEO ?”.

Page Rank berbeda dengan Google Rank

Google Rank adalah posisi rata-rata performa website atau blog kita pada mesin pencari ketika ada pengguna yang mencari kata kunci yang terdapat pada artikel halaman web atau blog post kita.
Page Rank menunjukkan jumlah link-in atau link yang menuju pada website atau blog kita serta kualitas link yang menuju blog kita, apakah link tersebut berada dalam sebuah artikel atau hanya terpasang di sebuah kolom pada halaman website. Meskipun demikian kita bisa “menerima” page rank dari situs atau blog lain yang memiliki Page Rank lebih tinggi daripada blog kita.

Page rank digunakan oleh google untuk menentukan seberapa penting sebuah website atau blog dimana semakin banyak link yang menuju blog tersebut dari website-website lain maka ada kemungkinan bahwa website atau blog tersebut adalah sebuah website yang sangat informatif yang dibutuhkan oleh sebagian besar orang karena mereka menggunakan konten website / blog tersebut sebagai referensi, atau mereferensikannya pada orang lain, google akan memprioritaskan website atau blog dengan Page Rank tinggi untuk diindex (otomatis) sehingga bila pemilik website atau blog hanya menulis artikel saja tanpa melakukan apa pun maka secara otomatis website dengan Page Rank lebih tinggi akan terindex terlebih dahulu.

Bila kita ingin konten website kita terindex oleh google dalam waktu maksimal 1×24 jam, berapa pun Page Rank kita (termasuk 0), kita bisa menggunakan fasilitas “Fetch as Google” pada Google Webmaster Tools. Hal ini membuat Page Rank tidak begitu penting dalam indexing.

Apakah Page Rank mempengaruhi performa website / blog (weblog) kita pada mesin pencari ?

Sebuah eksperimen yang sebenarnya tidak sengaja saya lakukan ternyata membuktikan bahwa Page Rank pengaruhnya sangat kecil sekali terhadap performa weblog kita dalam hal SEO.

Pengalaman :

Saya mempunyai 2 weblog, weblog yang lama sudah berjalan beberapa tahun, memiliki Page Rank 2 dan pengunjung unik (Unique Visitor) rata-rata 50-60 orang per hari, sementara weblog yang baru berumur hanya sekitar 1 bulan, belum ada visitor rutin dari mesin pencari dan belum memiliki Page Rank.
Pada mesin pencari google, iseng-iseng saya memasukkan kata kunci :
“menghilangkan kartu kuning FFTA”
Ternyata kedua weblog saya berada pada posisi teratas pencarian, weblog yang baru dengan Page Rank 0 pada posisi 1 dan 2, sementara weblog yang lama dengan Page Rank 2 berada pada posisi 3.
Hal ini menunjukkan bahwa dengan Page Rank tinggi bukan berarti posisi kita pada mesin pencari juga tinggi, weblog yang baru muncul pada posisi teratas karena salah satu kata kunci yaitu “menghilangkan” juga di bahas dalam artikel weblog baru, sementara pada weblog yang lama tidak.
Jadi, yang menentukan performa website pada ranking mesin pencari bukanlah Page Rank, tetapi konten artikel itu sendiri, karena itulah saya sering mengatakan kepada teman-teman yang ingin dan baru memulai SEO : “Lupakan Page Rank, fokus saja dalam membangun konten, biarkan mesin pencari bekerja dengan sendirinya.”

* Catatan: saat ini weblog saya yang lama sudah tidak aktif

Backlink

Bagi para blogger saya yakin sudah sangat dekat dengan istilah satu ini, dengan membangun backlink berarti tujuan kita adalah meningkatkan prioritas index weblog kita sehingga tidak memakan waktu terlalu lama bagi mesin pencari untuk mengindex halaman weblog kita untuk kemudian mulai bersaing dalam hasil query pencarian dengan weblog yang lain.

Mambangun Backlink

Membangun backlink bisa dengan berbagai cara baik itu yang legal (white hat) maupun ilegal (black hat). Untuk cara yang legal kita bisa membangun backlink dengan berpertisipasi dalam sebuah forum yang membahas mengenai hal yang sesuai dengan isi dari weblog kita, bahkan bila konten blog kita berkualitas kita tidak perlu bersusah payah membangun backlink biar orang lain yang melakukannya.

Bila isi dari blog kita sangat informatif dan menarik, orang lain akan menggunakan blog kita sebagai bahan rujukan, misalnya untuk artikel dalam sebuah forum atau blognya, dengan demikian dia akan mencantumkan link menuju blog kita tempat dia mendapat informasi tersebut. Cukup membuat postingan yang informatif saja, backlink bisa terbangun dengan sendirinya.

Backlink juga bisa didapatkan sengan cara ilegal (black hat) diantaranya dengan spamming baik itu pada komentar blog, forum maupun email, atau juga melalui perantara jual-beli backlink yang menawarkan ratusan link pada situs-situs tertentu dimana hanya membayar beberapa ratus ribu saja link kita akan terpasang selamanya, metode ini biasanya menggunakan spam-bot. Penggunaan metode ini akan membuat blog kita cepat mendapat page rank tetapi juga rawan terblokir oleh mesin pencari, banyak blog yang menggunakan metode ini berakhir pada google sandbox dan tidak bisa lagi ditemukan pada mesin pencari.

Ingin memulai SEO untuk website maupun blog ?

langkah pertama adalah pastikan bahwa weblog anda terdaftar pada mesin pencari (misalnya google atau Bing melalui fasilitas webmaster tool masing-masing), bangun konten website atau blog, jangan pikirkan mengenai Page Rank atau backlink sebelum konten benar-benar terbangun, karena berdasarkan pengalaman ternyata Page Rank maupun Backlink pengaruhnya sangat sangat kecil sekali dalam SEO. Saat ini banyak sekali para blogger dan webmaster pakar SEO yang tidak lagi memikirkan mengenai Page Rank tetapi membangun konten dan traffic.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging, SEO pada tanggal Sep 06, 2015
Tags : , , , ,


www.000webhost.com