Menggunakan Proxy Pada Mozilla Firefox


Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang paling banyak digunakan selain karena ringan juga fitur add on yang berlimpah membuat browser ini menjadi faforit bagi mereka yang ingin browsing dengan “aman”. Salah satu fitur yang disediakan adalah menggunakan browsing menggunakan proxy yang bisa dilakukan pada beberapa browser, tidak hanya Mozilla Firefox saja, tanpa perlu meng-install add-on tertentu.

Untuk bisa browsing menggunakan proxy pertama kita perlu sebuah daftar proxy yang sedang “available” saat ini dimana sebagian proxy ini hanya akan bisa digunakan pada waktu-waktu tertentu saja (selama tidak terlalu banyak pengguna dan proxy server menyala) dan sebagian lagi bisa digunakan setiap saat. Untuk menemukan proxy IP in bisa kita cari melalui mesin pencari.

Pada daftar proxy biasanya akan ditampilkan sebuah tabel dengan data : nomer IP, port, negara tempat server berada, kecepatan transfer data, kecepatan hubungan, tipe dan tingkat anonimitas.
Selain tingkat anonimitas yang paling penting adalah tipe konesksinya apakah menggunakan HTTP, HTTPS atau SOCKS.

Setelah mendapatkan daftar proxy kita buka setting pada browser Firefox (preferences) yang bisa diakses melalui tombol menu atau dengan mengetikkan about:preferences pada address bar.
Pada menu sebelah kiri kita pilih Advanced dan pilih sub-menu Network pada bagian atas.
Klik tombol Settings di sebelah keterangan Connection.

Langkah berikutnya adalah pilih Manual proxy configuration dan masukkan alamat IP, port dan tipe SOCKS (bila menggunakan proxy dengan tipe koneksi SOCKS).
Tekan OK dan restart browser, bila masih belum terhubung, ganti IP dan port dengan yang lain atau masukkan dua atau lebih proxy yang berbeda (misalnya HTTP dan SOCKS) supaya browser bisa memilih salah satu diantara beberapa proxy tersebut yang bisa terhubung untuk digunakan.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Internet pada tanggal Nov 30, 2015
Tags : ,


www.000webhost.com