Menghindari Penggunaan Black Hat SEO


Banner SEO

Sebagai seorang blogger terutama yang ingin memonetasi blognya, biasanya suka mencari jalan termudah bahkan mereka yang ingin menjalankan metode White Hat SEO pun terkadang terjerumus ke dalam Black Hat SEO baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Black Hat SEO memang menawarkan hasil yang menggiurkan dan blog kita bisa populer dalam waktu relatif lebih singkat daripada mereka yang menggunakan White Hat SEO, tetapi resikonya fatal, mulai dari sekedar tidak mendapatkan Page Rank hingga situs atau blog kita diblokir (ban) dari mesin pencari sehingga tidak lagi muncul dalam hasil pencarian.

Berikut adalah sedikit tips mengenai beberapa hal yang perlu dihindari dalam mempraktekkan SEO supaya terhindar dari penggunaan Black Hat SEO.

Hindari menjejalkan keyword dan penggunaan invisible text
Menjejalkan keyword adalah sebuah praktek yang umum dilakukan oleh mereka yang ingin menggunakan metode Black Hat SEO supaya cepat mendapatkan traffic, biasanya hal ini dilakukan dengan menuliskan berbagai keyword pencarian secara berulang-ulang dalam satu halaman atau post blog tanpa adanya kalimat yang menunjukkan informasi artikel. Metode ini sering disamarkan dengan menggunakan invisible text baik itu menggunakan html maupun java, dengan metode ini sebuah blog post akan terbaca sebagai halaman yang sarat dengan keyword yang dicari pengguna oleh mesin pencari. Hingga saat ini mesin pencari Google bekerja dengan cukup baik dalam memblokir situs-situs yang menggunakan metode ini meskipun memerlukan waktu yang tidak singkat.

Hindari spamming dalam komentar pada situs atau blog lain
Spamming dalam komentar sebuah blog adalah metode link building yang paling banyak dilakukan karena itulah saat ini banyak blog dan situs yang menggunakan fasilitas moderasi untuk komentar guna menghindari spamming. Mesin pencari google akan mengenali komentar-komentar spam karena selain meng-crawl halaman yang dibuka, google bot juga akan melakukan crawling terhadap link-link yang tertera pada halaman website tersebut dan memonitor kesesuaian keyword. Biasanya penggunaan spamlink pada kolom komentar akan berujung pada Page Rank blocking dimana situs atau blog kita tidak lagi bisa menerima Page Rank.

Hindari membeli backlink
Bila kita mencari hal-hal yang membantu SEO, kita akan sering menemukan beberapa orang yang menawarkan backlink untuk dijual, biasanya mereka berpromosi dengan 50 atau ratusan backlink pada situs atau blog yang memiliki Page Rank tertentu. Memang hal ini sangat menggiurkan karena cukup membayar beberapa ratus ribu saja ratusan link blog kita akan terpasang pada situs lain untuk mendongkrak Page Rank, tetapi ada yang perlu kita ketahui bahwa tentunya mereka tidak melakukannya secara manual tetapi menggunakan spam bot, sehingga setelah terindeks oleh Google, akan besar kemungkinan bahwa link yang menuju blog kita akan terdeteksi sebagai spam-link dan Blog kita akan menerima predikat sebagai spam-blog yang bisa berujung pada diblokirnya blog kita dari mesin pencari.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging, SEO pada tanggal Aug 29, 2015
Tags : , ,


www.000webhost.com