Menghitung Penggunaan Kapasitas mAh Powerbank


Setiap kita membeli sebuah powerbank untuk gadget kita, biasanya satu hal yang paling kita pertimbangkan adalah kapasitasnya yang ditulis dalam satuan mAh atau milliampere hour. Tetapi, apakah kapasitas itu sesuai dengan kapasitas output saat digunakan untuk charging ?

Beberapa pengguna powerbank sering mengeluhkan siklus charging powerbanknya, misalnya :

“Powerbank saya punya kapasitas 6600 mAh, dan handphone saya kapasitas baterainya hanya 1950 mAh (Handphone yang saya gunakan), tetapi kenapa hanya di charge dua kali saja baterai powerbank saya sudah habis ?”

Jawaban dari pertanyaan di atas biasanya adalah :

  1. Kapasitas yang ditampilkan bukan real capacity.
    Ini sering terjadi pada produk-produk palsu atau KW yang kebanyakan diproduksi oleh pabrik di China dan kemudian dijual dengan harga murah, jadi bila anda menemukan sebuah powerbank dengan kapasitas di atas 10,000 mAh dengan harga sangat murah, kemungkinan peroduk tersebut adalah produk palsu.
  2. Handphone anda memiliki fasilitas fast charge.
    Fasilitas fast charge yang dimiliki handphone bisa mempercepat pengisian daya, tetapi bila charging menggunakan powerbank akan menguras kapasitas lebih besar dari yang seharusnya.

Untuk kasus nomor 2 di atas di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

Baterai Lithium

Baterai lithium adalah baterai yang menggunakan lithium sebagai anoda. Baterai ini biasanya memilik voltase output 1.5V dan maksimal 3.7V. Pada baterai 9V sebenarnya baterai terdiri dari 3 sel baterai lithium.

Setelah mengenal sepintas tentang baterai lithium, sekarang saatnya kita menghitung daya yang diproduksi oleh powerbank.

Dalam powerbank biasanya tertulis :
Input : DC 5V/1A
Output : DC 5V/1A atau DC 5V/2A
Capacity : 6600 mAh

Input adalah daya yang dibutuhkan oleh powerbank untuk bisa di charge dengan optimal. Untuk menggunaannya yang perlu kita perhatikan adalah output.

Di sini yang saya gunakan sebagai contoh adalah Smart Powerbank yang saya miliki seperti pada gambar di bawah ini :

smart powerbank 6600 mAh

Dalam gambar di atas tertulis output dari powerbank yang saya miliki adalah :
DC 5V/ up to 2A
Yang artinya arus yang dikeluarkan oleh powerbank ini secara otomatis akan menyesuaikan dengan kebutuhan device yang mengambil daya hingga maksimal 2A.

Penggunaan daya listrik dihitung dengan satuan watt, yaitu voltase x arus. Sehingga powerbank yang saya miliki mampu mengeluarkan daya hingga maksimal 10 watt.

OK, kita sudah tahu tentang menghitung daya output sebuah powerbank, sekarang kita akan menghitung efisiensi kapasitas powerbank.

Seperti yang kita ketahui di atas, baterai lithium memiliki voltase output normal 3.7V. Dengan arus normal 1A (1A per jam), maka baterai lithium pada powerbank saya mampu mengeluarkan daya sebesar 3.7W dengan total kapasitas 6600mAh (6.6Ah).

Artinya : bila powerbank tersebut digunakan pada barang eletronik yang membutuhkan daya sebanyak 3.7W (ingat, arus output adalah 1A) maka dengan kapasitas 6600mAh bisa terpakai sepenuhnya dengan total pemakaian selama 6.6 jam.

tetapi

Pada powerbank tertulis output adalah 5V, sehingga baterai dipaksa untuk mengeluarkan daya di atas kemampuannya (biasanya menggunakan step up) sehingga kapasitas baterai terkuras lebih cepat.

Perhitungannya adalah :

Untuk keluaran arus 1A, maka output daya adalah 5W.
sehingga kapasitas efektif powerbanknya adalah (3.7W / 5W) x 6600mAh = 4884mAh. Sehingga dengan output 1A, maka powerbank hanya akan bisa digunakan dengan waktu total sekitar 4.8 jam saja dan hanya bisa digunakan untuk charging sebanyak maksimal 2 kali untuk baterai handphone dengan kapasitas 1950 mAh.

Powerbank yang saya gunakan adalah smart powerbank dengan overcharge dan overdischarge protection sehingga baik gadget maupun powerbank terlindung dari overcharge dan kapasitas baterai powerbank terhindar dari terkuras habis sehingga baterai powerbank tidak mudah rusak.


Creative Commons License
Photo in this page is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Gadget pada tanggal Jun 03, 2017
Tags : , ,