Mengoptimalisasi Web Site Dengan White Hat SEO


Bagi kita yang memanfaatkan media website untuk berbagai keperluan terutama dalam bisnis tentunya kita ingin website kita muncul setidaknya pada halaman pertama mesin pencari, khususnya Google, untuk bisa mencapai target ini kita memerlukan sebuah proses yang disebut dengan Search Engine Optimalization atau SEO dimana proses ini akan membuat website yang kita miliki bisa mendapatkan traffic dengan memanfaatkan fasilitas mesin pencari sehingga kita tidak perlu lagi bersusah payah mempromosikan website kita.

White Hat SEO Tidak Bisa Dicapai Secara Instan
Proses white hat SEO tidak bisa dijalankan secara instan karena ada banyak hal yang perlu dilalui termasuk dari faktor pengguna dan mesin pencari itu sendiri. Salah satu hal yang membuat website kita bisa merangkak naik pada google rank adalah interaksi pengguna terhadap mesin pencari, selain memasukkan keyword juga yang paling penting adalah seberapa sering pengguna memilih situs tersebut untuk dibuka diantara sekian banyak hasil pencarian dan hal ini memerlukan waktu cukup lama, kecuali bila persaingan dalam keyword sangat sedikit.
Dalam hal ini ranking website kita akan ditentukan oleh seberapa pandai kita mengolah kata dalam deskripsi yang akan dimunculkan pada hasil pencarian, biasanya banyak pengguna yang menggunakan meta description.
Lupakan meta keyword karena tag meta keyword tidak lagi diutamakan oleh mesin pencari.

Gunakan Meta Description
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penggunakan meta description pada sebuah website bisa membantu meningkatkan ranking pada mesin pencari.
Ketika seseorang mencari sebuah topik tertentu pada mesin pencari, maka hasil pencarian tidak hanya akan memunculkan judul saja, tetapi juga sedikit deskripsi mengenai isi dari sebuah halaman website yang memuat kata kunci tersebut.
Terkadang pengguna lebih memilih untuk membuka website yang berada di posisi bawah atau halaman lain karena merasa deskripsi situsnya lebih sesuai dengan apa yang dicari. Semakin sering seseorang membuka halaman website tersebut, maka posisi dalam hasil pencarian juga akan naik karena dianggap lebih informatif dan lebih dibutuhkan oleh pengguna.
Jika menjalankan SEO, luangkan waktu untuk mengolah meta description, buatlah semenarik mungkin untuk menarik minat pengguna mesin pencari.

Di bawah ini adalah contoh pencarian untuk query “toko online” :

contoh hasil pencarian pada google
 

Usahakan Web Site Yang Anda Miliki Memiliki Blog
Dengan adanya blog pada sebuah web site, maka web site tersebut akan selalu terupdate dengan frekuensi tertentu, web site yang sering di update akan memiliki nilai lebih dan akan membantu untuk meningkatkan performa web site pada mesin pencari. Alexa rank juga menggunakan frekuensi update dalam menentukan ranking sebuah website.

Site Marketing Atau Link Building ?
Istilah site marketing mungkin jarang sekali kita dengar dalam SEO, tetapi site marketing adalah salah satu metode off-site SEO yang paling efektif daripada link building.
Link Building berarti kita akan banyak menaruh link pada web site atau blog lain termasuk forum dengan harapan bahwa kita bisa mendapatkan page rank yang dimiliki oleh web site tersebut dan akan mendongkrak performa web site kita dalam SEO.
Page Rank sebenarnya memiliki peranan yang sangat kecil dalam SEO dan dengan memiliki page rank tinggi bukan berarti web site kita akan berada pada posisi paling atas, banyak kasus dimana sebuah web site yang tidak memiliki page rank bisa berada pada posisi teratas pada hasil pencarian daripada web site yang memiliki page rank tinggi. Page Rank hanya mentukan seberapa cepat halaman web site kita terindex oleh Google secara otomatis.
Bila isi dari web site atau blog kita cukup informatif, backlink bisa terbangun secara otomatis, misalnya dari seseorang yang menggunakan sebuah blog post kita sebagai bahan rujukan, tentunya dia akan menuliskan sumber dari mana artikel tersebut dikutip di dalam blog nya atau di dalam sebuah forum tempat dia membagikan informasi tersebut.
Sementara Site Marketing berarti kita memperkenalkan situs kita melalui media sosial, memberitahukan alamat web site kepada klien misalnya dengan menulisnya pada kartu nama, serta berbagai cara supaya orang mengenal alamat web site kita. Hal ini juga termasuk penamaan alamat web site yang mudah diingat dan merujuk pada bisnis, atau isi dimana bila konten web site kita benar-benar diperlukan oleh pengguna maka dia akan dengan mudah membuka web site kita cukup dengan mengetikkan alamat web site pada address bar, tidak perlu menggunakan mesin pencari atau membuka blog atau forum lain.

Haruskah Memikirkan Keyword Saat Membangun Konten ?
Salah satu kesalahan dalam SEO seperti yang diungkapkan oleh Google Webmaster Central adalah meluangkan terlalu banyak waktu dalam memikirkan keyword.
Apa pun konten website kita selama halaman website tersebut memiliki konten berupa teks terutama artikel atau blog, yang perlu kita lakukan hanya “menceritakan selengkap dan seinformatif mungkin” mengenai apa pun yang ingin kita informasikan pada pembaca web site kita, dengan demikian keyword akan tersusun dengan sendirinya karena mesin pencari akan secara otomatis membaca semua kata pada artikel tersebut setiap kali ada query pencarian, bila kita tidak menggunakan meta description pada halaman web site, maka mesin pencari akan secara otomatis mencari beberapa kalimat yang relevan dengan query pencarian untuk ditampilkan sebagai deskripsi.
Singkatnya seluruh konten halaman website yang berupa teks adalah kata kunci yang akan di-crawl oleh mesin pencari setiap kali ada pencarian.

Bila saya baru memiliki website berapa lama waktu yang dibutuhkan supaya dapat pengunjung dari mesin pencari dengan menjalankan SEO ?
Bila kita baru saja menjalankan SEO tentunya tidak bisa secara instan berada pada posisi atas atau halaman pertama, ada banyak hal yang dipertimbangkan selain keyword.
Untuk proses indexing oleh mesin pencari sendiri bisa dilakukan hanya dalam waktu 1 atau 2×24 jam, sementara untuk keefektifan performa web site kita dalam mesin pencari biasanya baru tercapai setelah 2 hingga 3 bulan, itu pun hanya beberapa orang saja yang mengunjungi web site kita. Seiring dengan berjalannya waktu maka popularitas web site kita juga akan naik relatif terhadap seberapa informatif konten web site kita dan seberapa populer web site kita dalam hasil pencarian (seberapa sering muncul dan seberapa sering pengguna mengunjungi web site kita dari mesin pencari).
Yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah melakukan update, misalnya menambahkan artikel untuk blog atau mengupdate katalog barang untuk web site toko online dan biarkan mesin pencari dan pengguna yang bekerja untuk menentukan posisi web site kita pada hasil pencarian.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori SEO pada tanggal Nov 03, 2015
Tags : , ,


www.000webhost.com