Minecraft : Membangun Rumah


Setelah menemukan tempat yang dirasa cocok untuk ditinggali, yang perlu kita lakukan kemudian adalah membangun rumah baik itu untuk tempat tinggal sementara maupun sebagai tempat tinggal utama dalam permainan ini. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui dalam membangun rumah.

Rumah dalam permainan Minecraft bisa dibangun menggunakan hampir semua block termasuk dirt, tetapi perlu diketahui bahwa masing-masing block memiliki ketahanan tertentu terhadap ledakan. Jangan sampai rumah yang kita bangun jadi hancur atau rusak karena ledakan creeper.


Kita juga bisa memanfaatkan goa sebagai tempat tinggal seperti gambar di atas

Membangun sesuatu dalam permainan ini adalah salah satu faktor yang menyenangkan. Bila kita bermain bersama teman kita bisa saling bertukar ide mengenai apa yang akan kita bangun dan bagaimana desainnya, mulai dari rumah sederhana hingga kastil yang megah, rumah kayu sederhana hingga rumah yang bernuansa modern.

Tempat terbaik membangun rumah di Minecraft

Dari sebagian besar player yang memainkan permainan ini termasuk dari pengalaman bermain saya, salah satu tempat terbaik untuk membangun tempat tinggal dalam permainan ini adalah di dekat village atau desa yang dihuni oleh beberapa orang villager.

Pada sebuah village biasanya terdapat farm (sawah) yang ditanami wheat, carrot, dan juga potato yang merupakan salah satu sumber makanan terbaik dalam permainan ini. Sawah ini akan ditanami dan dipanen secara otomatis oleh villager dengan job Farmer atau yang sejenis sebagai sumber makanan mereka.


Contoh village yang tercipta secara random di Minecraft

Di sini kita bisa mengambil beberapa carrot dan potato untuk kemudian kita tanam di sawah kita. Bila kita membangun tempat tinggal dan sawah terlalu dekat dengan village maka rumah dan sawah kita akan dianggap sebagai bagian dari village dan kemungkinan beberapa villager akan masuk ke rumah kita atau memanen tanaman kita.

Villager adalah entity yang berharga dalam permainan ini, kita bisa melakukan transaksi jual maupun beli dengan mereka menggunakan emerald sebagai mata uang atau alat tukar utama. Dengan adanya villager kita tidak perlu khawatir mengenai berbagai keperluan sehari-hari.

Beberapa player lebih memilih untuk mencari tempat tinggal yang memilikk resource melimpah, seperti jungle biome yang menyediakan banyak sekali kayu yang bisa dimanfaatkan.

Selain bahan berupa solid block kita juga memerlukan kaca untuk jendela rumah. Kaca ini bisa kita dapatkan dengan memanaskan sand (pasir) menggunakan furnace (gambar di bawah). Kaca ini juga bisa diproses ulang menjadi panel kaca yang lebih tipis. Selain bisa digunakan untuk jendela, panel kaca ini juga bisa digunakan untuk pagar atau pembatas.





Dipublikasikan oleh ellementalMC dalam kategori Games pada tanggal Sep 30, 2016
Tags : ,