Mobile Blogging, Apa Saja Yang Diperlukan ?


Saat ini adalah jaman yang serba “mobile” dimana orang-orang bisa melakukan berbagai aktifitas termasuk bekerja di mana saja dan kapan saja dengan perangkat yang mudah dibawa, termasuk aktifitas menulis artikel dan blogging. Di sini saya akan membahas apa saja yang diperlukan untuk menjalankan aktifitas mobile blogging ini, baik itu hardware maupun software.

Hardware

Dimulai dari hardware, kita bisa melakukan blogging dari smartphone maupun tablet, baik itu melalui web platform maupun aplikasi blogging. Apabila menggunakan smartphone dirasa kurang nyaman karena keypad yang kecil anda bisa beralih ke tablet.

Bila anda ingin mendapatkan sensasi blogging pada smartphone atau tablet yang sama seperti blogging di laptop atau komputer, anda bisa menggunakan keyboard atau bahkan mungkin juga dengan mouse bluetooth. Kalau perangkat anda mempunyai fasilitas OTG, anda bisa menggunakan keyboard USB dengan menggunakan aksesoris micro USB to USB female adaptor.

Aksesoris lain yang mungkin akan anda perlukan adalah dudukan atan stand handphone maupun tablet, supaya lebih nyaman melihat ke arah layar saat mengetik.

Software

Di bawah ini adalah rincian software yang bisa anda gunakan untuk blogging :

Aplikasi blogging platform

Beberapa blogging platform menyediakan aplikasi mobile yang bisa diinstall melalui fasilitas yang disediakan untuk masing-masing sistem operasi. Dari sekian banyak blogging platform, yang menurut saya terbaik dan saat ini saya gunakan adalah WordPress yang terhubung dengan CMS wordpress pada domain saya sendiri.

Dalam aplikasi blogging wordpress saya bisa mengetik dalam 2 mode, yaitu mode visual, dan mode html bila saya ingin memasang kode-kode html maupun javascript ke dalam blog post saya sehingga konten bisa lebih kaya fitur.

Aplikasi 3rd party image hosting

Bila anda ingin menghemat bandwidth dan menggunakan layanan pihak ketiga untuk menyimpan dan menampilkan gambar atau media lain pada blog anda, sebaiknya cari yang mendukung 3rd party image hosting dan memiliki aplikasi khusus untuk smartphone untuk memudahkan pemasangan gambar pada website.

FTP client

Bila anda mengelola website atau blog anda pada hosting dan domain pribadi (tidak menggunakan situs layanan blogging) maka anda akan memerlukan apikasi FTP client untuk mobile. Yang saya rekomendasikan di sini adalah Turbo Client.

Ketika anda menginstall Turbo Client anda juga akan mendapatkan Turbo Editor dalam satu paket instalasi. Turbo editor adalah aplikasi text editor dengan fasilitas highlight untuk berbagai macam script programming mulai dari HTML, CSS hingga Javascript, C++ dan Python. Tetapi Turbo Editor ini memilik kekurangan, yaitu anda tidak bisa memasukkan simbol-simbol seperti open bracket dan sebagainya bila anda mengetik menggunakan eksternal keyboard (baik itu bluetooth maupun USB)

Bila anda menggunakan eksternal keyboard, software text editor yang saya rekomendasikan adalah 920 Text Editor yang kompatibel dengan keyboard eksternal.

Bagaimana saya menggunakan berbagai software di atas ?

Saat ini saya tidak lagi menggunakan 3rd party image hosting, karena image hosting yang saya gunakan sudah tidak lagi menyediakan layanan tersebut secara gratis. ( Baca : Photobucket Tidak Bisa Lagi Untuk 3rd Party Image Hosting )


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Blogging pada tanggal Aug 09, 2017
Tags : , ,