NASA Menerima Sinyal Dari Wahana Yang Hilang Kontak Selama Dua Tahun


Menurut laporan NASA, setelah kehilangan kontak selama sekitar dua tahun sejak Oktober 2014, wahana luar angkasa milik NASA, Solar Terrestrial Relations Observatories, atau yang dikenal dengan STEREO-B kembali melakukan kontak.

STEREO-A dan STEREO-B adalah dua wahana antariksa yang bertugas untuk mengamati matahari. Kedua wahana ini mengorbit matahari di orbitnya di depan dan di belakang orbit bumi untuk mengamati berbagai fenomena yang terjadi pada permukaan matahari dari sudut yang berbeda, seperti misalnya CMA (coronal mass ejections).

gambaran orbit STEREO-A DAN STEREO-B

Gambaran orbit STEREO-A dan STEREO-B

Gambar dari: www.nasa.gov

Seperti yang dilansir dari The Washington Post, hilangnya kontak dengan wahani ini kemungkinan bukan merupakan kegagalan system. Pusat kendali misi telah melakukan uji coba terhadap command loss timer milik wahana tersebut dan hard reset akan terjadi bila STEREO-B berhenti berkomunikasi dengan bumi selama 72 jam. Ironisnya hard reset ini justru menyebabkan lemahnya sinyal.

Tes ini dilakukan sebelum STEREO-B mengalami konjungsi dengan matahari, dalam artian sebelum sinyal dari STEREO-B terhalangi oleh matahari. Selama berbulan-bulan NASA tidak mengetahui dengan pasti mengenai kondisi wahana tersebut.

Hampir semua misi luar angkasa harus berurusan dengan gangguan karena matahari selama kurang lebih satu hari, tetapi untuk masing-masing wahana STEREO, periode ini bisa berlangsung hampir selama empat bulan. STEREO tidak didesain untuk permasalahan jangka panjang seperti ini.

22 bulan setelah wahana ini terdiam, STEREO-B kembali berkomunikasi dengan Deep Space Network, sistem antena yang digunakan NASA untuk menerima sinyal dari misi-misi STEREO. DSN menerima dan mengunci sinyal STEREO-B pada pukul 18:27 EDT pada hari Minggu atau pada hari Senin pukul 5:27 WIB.

Diperlukan komunikasi lebih lanjut untuk menentukan kondisi wahana dan apakah wahana tersebut mampu melanjutkan misinya bersama dengan STEREO-A, yang terus berfungsi dengan normal.

Berbagai hal mengenai STEREO (Solar Terrestrial Relations Observatory) bisa di baca di sini:

http://stereo.gsfc.nasa.gov/


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Astronomi pada tanggal Aug 23, 2016
Tags : ,