Paket Social Chat Smartfren, Bener Unlimited dan Gak Setengah-setengah?


Beberapa waktu lalu, saya memutuskan untuk mencoba paket Social Chat Data Plan dari Smartfren. Penyedia layanan seluler yang sudah bertahun-tahun saya gunakan. Saya mencoba paket ini tanpa ada tambahan paket internet lain. Ternyata pulsa saya masih berkurang sampai 0 (nol). Setelah saya cek, ternyata banyak problem serupa. Apakah paket Social Chat Data Plan Smartfren benar-benar unlimited dan “gak setengah-setengah” ?

Ketika saya membuka halaman media sosial smartfren untuk mencari tahu mengapa pulsa masih berkurang, ternyata ada banyak komplain mengenai paket yang katanya unlimited dan gak setengah-setengah ini.

Dari pengalaman saya menggunakan paket data ini, berikut adalah beberapa hal yang membuat pake data ini ternyata tidak full unlimited dan masih setengah setengah.

Paket data Social Chat ini menurut keterangannya bisa digunakan sepuasnya untuk BBM, LINE, Whatsapp, Twitter, Facebook, Path. Tetapi ternyata paket ini hanya optimal untuk Whatsapp dan Facebook saja.

Bila anda menggunakan Whatsapp, anda bisa melakukan unlimited video call dan voice call dengan paket ini, termasuk berkirim-terima foto. Tetapi untuk video hanya bisa menerima saja, tidak bisa mengirim.

Untuk Facebook anda juga bisa menikmati berbagai video yang dibagikan oleh teman anda, anda bisa eksis di media sosial ini dengan memposting foto, tetapi tidak untuk video.

Untuk Facebook Messenger Anda bisa sepuasnya chatting, kirim-terima foto dan video, tetapi tidak bisa voice call atau video call.

Aplikasi di atas berjalan lancar dengan kondisi pulsa saya nol.

Permasalahan terjadi ketika menggunakan BBM, Line, Twitter, dan Path. Khusus untuk BBM, paket data ini sama sekali tidak unlimited bahkan untuk text chat dan post status BBM pun tidak bisa.

Sementara untuk Line, Twitter dan Path, paket ini hanya unlimited untuk text saja, sehingga bila kita tidak memiliki pulsa dan/atau paket data lain, maka pada aplikasi Twitter dan Path, gambar tidak muncul. Untuk LINE sticker yang belum di download juga tidak akan muncul.

Pengalaman menggunakan paket social chat data plan dari Smartfren di atas saya gunakan tanpa menggunakan paket data lain dan dengan kondisi pulsa 0 (nol) karena sebelumnya terkuras habis saat mencoba menggunakan Twitter (melihat Foto dan Video) dan Path.

Kesimpulan
Ternyata paket Unlimited Social Chat Data Plan dari Smartfren tidak sepenuhnya bisa dimanfaatkan secara tak terbatas (unlimited) di semua media sosial yang disebutkan. Sehingga paket ini masih setengah-setengah, dan tidak sesuai dengan klaim yang diiklankan.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Review pada tanggal Jan 09, 2018
Tags : ,