Pemasangan Iklan Berlebihan Mengganggu Pembaca Situs Berita


Banyak pengguna internet mengeluhkan mengenai banyaknya iklan yang “mengganggu” pada beberapa situs berita. Iklan-iklan ini juga dinilai berlebihan, tidak hanya karena jumlah iklan pada satu halaman saja, tetapi juga karena format iklan yang menutupi isi berita bahkan ada yang saling bertumpuk.

Dua penyedia konten berita di Indonesia yang saya amati, yaitu detik.com dan kompas.com, dua-duanya menampilkan iklan yang sifatnya “intrusif” atau mengganggu pengguna dalam mendapatkan informasi dengan format insterstitial. Tidak hanya itu, pada situs detik.com ada iklan yang muncul menutupi iklan lain dan hampir sebagian konten dengan format floating banner berukuran besar.

contoh iklan intrusif atau mengganggu pada situs detik.com dan kompas.com

Dengan banyaknya iklan yang saling bertumpuk, selain sangat mengganggu dan tidak nyaman bagi para pengguna, desain situs juga menjadi tidak karuan dan tampak tidak profesional dimana seakan-akan iklan yang muncul asal ditempatkan begitu saja dan saling bertumpuk satu sama lain.

Apa pengaruh dari iklan yang berlebihan ini terhadap aktifitas pengguna?

Beberapa pengguna yang merasa terganggu dengan keberadaan iklan ini sebagian kecil memilih untuk mengurangi aktifitas membaca berita dari situs-situs semacam ini. Sebagian besar memilih untuk memasang atau mengaktifkan fitur ad-blocker pada browser sehingga iklan-iklan yang mengganggu ini tidak lagi muncul.

Biasanya pemilik situs akan memasang notifikasi dengan menutupi keseluruhan konten bila terdeteksi adanya fitur ad-blocker pada browser pengguna, tetapi hal ini tidak menyelesaikan masalah. Sebagian besar pengguna akan menutup jendela situs itu dan berpindah ke situs lain yang menyediakan informasi yang serupa.

Beberapa add-on ad-blocker juga menyediakan fitur untuk mematikan iklan secara manual bila layanan iklan tidak berada dalam daftar blocking dari ad-blocker. Alamat iklan yang dimatikan secara manual ini akan tersimpan pada daftar add-on untuk kedepannya secara otomatis iklan akan diblokir.

Rekomendasi browser mobile dengan ad-blocker

Bagi anda yang melakukan aktifitas membaca berita pada smartphone, biasanya browser untuk smartphone tidak menyediakan banyak add-on untuk memodifikasi kinerja browser seperti yang dimiliki oleh browser untuk desktop.

Untuk mobile browser dengan fitur add-on yang cukup baik, anda bisa mencoba DU Browser, UC Browser atau CM Browser. Dari ketiga browser tersebut yang menjadi faforit saya adalah CM Browser. Selain memiliki fitur ad-blocker, browser ini juga memungkinkan kita untuk mendownload video dari beberapa situs-situs yang menyediakan konten berupa video streaming.‚Äč


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Publik pada tanggal Aug 17, 2017
Tags : , ,


www.000webhost.com