Pemilik Situs Kickass Torrent Akhirnya Ditangkap


image cari kickass torrent

Kickass Torrent adalah salah satu penyedia layanan peer to peer file sharing yang menyimpan banyak sekali file-file ilegal berupa film, musik, game, e-book dan konten lain yang bisa di download secara gratis menggunakan client torrent. Situs ini merupakan salah satu penyedia file-file bajakan terbesar di dunia.

Artem Vaulin berkewarganegaraan Ukraina adalah pemilik dari situs besar tersebut dan ditangkap dengan tuduhan pelanggaran hak cipta serta pencucian uang dan terancam di ekstradisi ke Amerika Serikat.

Kickass Torrent sendiri adalah sebuah situs file sharing yang naik daun setelah ditutupnya The Pirate Bay dan menjadi layanan file sharing terbesar di dunia dalam waktu singkat. Dengan total materi hak cipta senilai lebih dari 1 milyar dolar, situs ini mampu menggaet pengunjung hingga sekitar 50 juta unique visitor tiap bulan dan menjadi urutan 69 situs yang paling banyak dikunjungi di internet.

Vaulin sendiri menggunakan banyak server di seluruh dunia dan secara aktif berpindah domain bila domain tersebut terancam ditutup oleh pemerintah dengan domain terakhir yang digunakan oleh Vaulin sebelum ia ditangkap adalah kat.cr (Kickass Torrent) yang saat ini sudah tidak bisa diakses.

Pemilik situs ini tertangkap setelah ia menggunakan Apple iTunes dan akun Facebook miliknya. Menurut hasil penyelidikan alamat email yang digunakan oleh Vaulin untuk bertransaksi pada iTunes di bulan Juli 2015 diakses dengan IP yang sama dengan yang digunakan untuk login di halaman facebook milik Kickass Torrent pada hari itu juga.

Apakah dengan ditutupnya Kickass Torrent berarti pembajakan akan berhenti ?

Tentu saja tidak, seperti sebelumnya ketika situs-situs berbagi file ilegal ditutup dan pemiliknya dijerat oleh hukum, akan muncul beberapa layanan baru yang kemungkinan akan membagikan file yang sama. Hingga saat ini (artikel ini dipublikasikan) masih ada beberapa penyedia layanan file sharing berbasis torrent yang beroperasi, meskipun tidak sebesar Kickass Torrent, tetapi ada kemungkinan salah satu situs tersebut akan menjadi besar karena para pembajak akan memerlukan rumah baru untuk mempublikasikan hasil bajakannya.


Dipublikasikan oleh theangelwing dalam kategori Internet pada tanggal Jul 22, 2016